in

Kementerian PUPR Beri Bantuan Mesin Pencacah Sampah pada Boyolali

Penyerahan bantuan secara simbolis mesin pencacah sampah plastik, dari Kementerian PUPR kepada Pemkab Boyolali. (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan dua unit mesin pencacah plastik untuk Kabupaten Boyolali.

Bantuan diterima langsung oleh Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan Kamis (10/6) di kawasan Kebun Raya Indrokilo Boyolali (KRIB).

Staf Ahli Kementerian PUPR Bidang Lingkungan, Sudirman mengungkapkan bahwa mesin pencacah tersebut, dapat digunakan untuk memproduksi cacahan sampah plastik sebagai bahan campuran aspal.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka membangun infrastruktur yang juga memperhatikan lingkungan.

“Kementerian PUPR wajib membantu dalam penataan atau pengelolaan lingkungan di Indonesia. Jadi ada sirkulasi ekonomi yang di dapat, dari Kementerian PUPR infrastruktur, dari lingkungannya dapat pengurangan sampah plastik, ekonomi kerakyatan juga didapat,” kata dia seperti dirilis Boyolali.go.id.

Mesin tersebut nantinya digunakan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Boyolali, untuk mengelola sampah plastik di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Winong, Kecamatan Boyolali.

Sehingga diharapkan mampu memberikan dampak yang positif bagi lingkungan selain infrastruktur yang baik pula.

“Goal utamanya infrastruktur, tetapi ada impact lingkungan dan ekonomi,” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati (Wabup) Boyolali, Wahyu Irawan menyambut baik atas bantuan dari Kementerian PUPR tersebut. Dalam sehari, Kabupaten Boyolali mampu menghasilkan 70 ton sampah, terdiri atas sampah yang dapat didaur ulang, sampah plastik dan lainnya. Diharapkan mampu mengurangi permasalahan sampah di Kabupaten Boyolali.

“Mudah-mudahan dengan diberikannya bantuan peralatan ini, nanti kami bisa maksimal dalam mengurai dan mengolah sampah di wilayah kami,” harap Wabup Iwan.

Selain mendapatkan dua unit mesin pencacah sampah, Kabupaten Boyolali juga mendapatkan bantuan mesin penghancur plastik dari PT Pertamina (Persero). (HS-08).

Share This

Jokowi Senang Bandara JB Soedirman Beroperasi; Terimakasih Pak Gubernur, Bandaranya Bagus

Petani Ngemplak dan Nogosari Dapat Bantuan Alsintan