in

Kemenhub Pastikan Mudik Lebaran Lewat Jalur Laut Aman

Apel siaga penyelenggaraan angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (6/4/2033).

HALO SEMARANG – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan mudik Lebaran menggunakan jalur laut aman. Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut, Hartanto mengatakan, menjelang pelaksanaan angkutan Lebaran, pihaknya akan terus melakukan uji kelaiklautan kapal.

Menurutnya, jumlah masyarakat yang akan melakukan mudik Lebaran tahun 2023 akan bertambah. Pihaknya memprediksi adanya kenaikan pemudik yang cukup signifikan pada Lebaran tahun ini.

“Paska pandemi ini, Kemenhub memprediksi jumlah pemudik di Indonesia mencapai 123,8 juta orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding tahun lalu yang hanya 80 juta pemudik,” ujar Hartanto usai apel siaga penyelenggaraan angkutan laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (6/4/2033).

Lebih lanjut, ia mengatakaan, ada lebih dari dua juta pemudik yang akan menggunakan transportasi laut. Oleh karena itu, untuk menjaga keamanan dan keselamatan penumpang, pihaknya akan gencar melakukan uji kelaiklautan kapal.

“Puncak arus mudik kami prediksi akan terjadi pada tanggal 19 April. Sedangkan arus balik pada tanggal 25 hingga 26 April. Kami harus benar benar pastikan bahwa kapal penumpang tersebut aman dan dapat digunakan dengan baik dalam berlayar,” terangnya.(HS)

Puluhan Perias Pengantin Bagikan Takjil Kepada Warga di Sekitar Masjid Agung Kendal

Senyum Jokowi saat Dijemput Ganjar Pakai Baju Samin