in

Kemenag Imbau Jemaah Haji Gelombang Kedua Pakai Ihram sejak di Embarkasi

Azhar Fitriyanto, Jemaah Calon Haji asal Provinsi Banten, saat tiba di Bandara Jeddah. (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Jemaah calon haji Indonesia yang berangkat pada gelombang kedua, seluruhnya telah mendarat di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi dan segera diberangkatkan ke Makkah untuk melaksanakan umrah wajib.

Karenanya, mereka diimbau untuk mengenakan pakaian ihram sejak dari embarkasi pemberangkatan di Tanah Air.

Menurut Kepala Sie Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Wahyu Dewarini, dengan para jemaah calon haji sudah berpakaian ihram sejak berangkat dari Indonesia, proses di Bandara Jeddah juga dapat lebih cepat.

Setiba mereka di Jeddah, jemaah tinggal melaksankaan salat Sunah umrah. Untuk niat dan miqat, bisa memilih antara dari Embarkasi, Yalamlam (di atas pesawat), atau saat tiba di Jeddah.

Menurutnya Rini, panggilan akrabnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) telah mengirimkan surat ke pihak embarkasi dan Kantor Wilayah Kemenag Provinsi terkait pemakaian ihram sejak berada di embarkasi setempat.

“Kami sudah bersurat ke embarkasi dan Kanwil Kemenag seluruh Indonesia sejak 30 Mei 2022, untuk mengimbau dan mensosialisasikan agar semua jemaah mengenakan pakaian ihram sedari embarkasi,” kata Rini, Selasa (21/6/2022), di Bandara Jeddah.

Selain itu, Rini juga meminta semua jemaah tidak mengenakan atribut Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), melainkan atribut nasional, yakni pakaian batik.

“Kami juga mengimbau pihak KBIH agar jemaah tidak mengenakan atribut KBIH, melainkan atribut nasional, yakni batik,” ujar Rini.

Lebih lanjut, Rini mengatakan di sinilah fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk mengedukasi dan memberikan panduan.

“Apakah sudah niat atau belum, lalu salat sunnahnya dan pakaian ihram untuk laki-laki, memang kelihatan masih datang dengan baju tapi setelah di plaza mereka semua berganti pakaian dan berangkat menuju Makkah,” kata Rini.

Hal senada disampaikan Petugas Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU Daker Bandara, Zulkarnain Nasution.

Dia melihat masih ada beberapa jemaah yang belum mengenakan kain ihram saat tiba di Bandara Jeddah.

Di sinilah fungsi Layanan Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIHU untuk memberikan edukasi dan memandu para jemaah.

Mereka seharusnya mengecek ihram jemaah dan mengajak mereka untuk meluruskan niat. (HS-08)

DPU Sebut Hiasan Lukisan Motif Batik pada JPO untuk Tambah Estetika Wajah Kota

Tersangkut Kasus Penipuan Rp 19 M di Jambi, Bos Investasi Lele PT DHD Farm Ditangkap Polisi di Jogja