in

Kemenag dan Acer Indonesia Bagikan 3.000 Akun Jelajah Ilmu, Tersedia Pembelajaran PAI

Kerja sama Direktorat KSKK Madrasah dan PT Acer Indonesia. (Foto : kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama, bersinergi dengan PT Acer Indonesia, mengimplementasikan pendidikan digital di madrasah.

Kerja sama ini ditandai penandatangan perjanjian beberapa waktu lalu, oleh Plt Direktur KSKK M Sidik Sisdiyanto dan Presiden Direktur PT Acer Indonesia Herbet Ang di kantor pusat Kementerian Agama, Jakarta.

Direktur KSKK M Sidik Sisdiyanto mengatakan melalui kerja sama ini, dibagikan 3.000 akun platform belajar Jelajah Ilmu, kepada madrasah yang memenuhi kriteria.

Di dalam platform ini, tersedia juga materi pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Untuk tahap pertama, akun belajar dibagikan kepada 400 siswa, guru, dan kepala madrasah, yang login pada rilis program yang dilakukan secara online sehari setelah penandatanganan kerja sama.

Rilis program ini diikuti juga para Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Provinsi se-Indonesia. Dalam kesempatan itu, dibagikan juga 40 unit laptop Acer.

Hadir mendampingi Plt Direktur KSKK Madrasah, M Sidik Sisdiyanto, Kasubdit Kerja Sama Kemenag, Papay Supriatna.

Adapun dari PT Acer Indonesia, hadir Leny Ng sebagai Chief Operating Officer, Monica Pribadi sebagai Head of HRGA, Riko Gunawan sebagai Head of Commercial Product, Renny Kristanti sebagai Business Dev. Manager dan Didit Haryanto sebagai Product Manager.

M Sidik Sisdiyanto menyambut baik tawaran kerja sama ini. Pasalnya sinergi ini akan mendorong gerakan transformasi digital pendidikan di Indonesia, melalui pemanfaatan teknologi informasi.

Lebih lanjut Sidik Sisdiyanto mengatakan kerja sama ini akan membantu proses pembelajaran dan peningkatan kualitas pendidikan, khususnya bagi peserta didik, pendidik, dan tenaga pendidik di madrasah.

“Kita tahu bahwa transformasi digital adalah salah satu program prioritas Kementerian Agama,” kata dia, seperti dirilis kemenag.go.id.

Dia mengatakan senang menerima tawaran dari PT Acer Indonesia, seraya berharap kerja sama ini bisa membantu proses pembelajaran secara digital di madrasah.

“Kita tahu bahwa masih sedikit madrasah yang menggunakan platform belajar secara digital. Nah, kita akan dorong terus transformasi ini melalui skema-skema kerjasama,” jelas M Sidik Sisdiyanto.

PT Acer Indonesia ini juga sudah menjalin kerja sama dengan sejumlah madrasah di Aceh dengan 70 madrasah di 15 kabupaten/kota.

Kerja sama ini akan memperluas cakupannya agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh madrasah di Indonesia.

M Sidik Sisdiyanto mengapresiasi komitmen PT Acer Indonesia dalam pengembangan pendidikan melalui platform Jelajah Ilmu dan program lainnya.

Buku-buku Pendidikan Agama Islam (Al-Qur’an Hadis, SKI, Akidah Akhlak, Fikih, dan Bahasa Arab) untuk madrasah juga akan dikembangkan dan digunakan di platform Jelajah Ilmu. (HS-08)

Terbitkan SE Pedoman Ceramah, Kemenag Harap Tokoh Agama Selalu Rawat Kerukunan Umat

Presiden Jokowi Anugerahkan Tanda Kehormatan Bagi Prajurit TNI