in

Kemenag Ajak Pramuka Madrasah Jaga Persatuan Bangsa dan Kelestarian Alam Indonesia

Acara perkemahan madrasah, yang digelar Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara. (Foto : Kemenag.go.id)

 

HALO SEMARANG – Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, M Sidik Sisdiyanto mengajak para anggota Gerakan Pramuka di madrasah untuk ikut menjaga persatuan bangsa dan kelestarian alam Indonesia.

Ajakan itu disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah, M Sidik Sisdiyanto, dalam acara perkemahan madrasah, yang digelar Kanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara.

Perkemahan Pramuka Madrasah di Provinsi Maluku Utara ini berlangsung lima hari, 20 Januari 2024 sampai 24 Januari 2024.

Menurutnya, sejarah kepanduan tidak terlepas dari kisah survival manusia dalam menjelajah hutan.

Hal itu yang dilakukan oleh Lord Boden Powell, pemuda Inggris yang menulis pengalamannya saat bertugas di Afrika dan India.

Kisah ini berlanjut dengan terbentuknya kepanduan pertama disebut Boys Scout, lalu disusul kepanduan putri atau Girl Guides.

“Dalam konteks Indonesia, kepanduan didasari nilai-nilai spiritualitas Kepercayaan kepada Tuhan yang Esa. Hal ini membentuk trilogi relasi, yakni: hablu minallah, hablu minannas, dan hablu minal alam,” kata Sidik, panggilan akrabnya, baru-baru ini.

“Apabila trilogi relasi ini betul-betul diimplentasikan secara nyata dalam kehidupan sehari-hari, maka para pandu kita akan menjadi insan nan paripurna,” lanjutnya.

Kepada pramuka madrasah, Sidik juga mengingatkan bahwa perubahan zaman tidak bisa dielakkan.

Menurutnya, satu satunya yang tidak berubah adalah perubahan itu sendiri. Hukum alam ini harus dicermati betul oleh insan-insan pramuka, tak terkecuali insan-insan pramuka di madrasah.

“Kegiatan atau program pramuka di madrasah agar tidak statis, jumud, out of date, miskin inovasi dan kreasi, dan pada akhirnya tidak menarik lagi. Pramuka madrasah harus mampu meneguhkan diri sebagai sebuah gerakan yang adaptif, inovatif, dan kreatif dalam menyesuaikan dan menghadapi tantangan perubahan zaman,” pesan Sidik.

“Gerakan pramuka harus menjadi garda terdepan dalam menyemai perdamaian dan memperkokoh persatuan. Dengan potensi yang luar biasa, saya yakin dan percaya gerakan pramuka di madrasah akan mampu menjawab berbagai tantangan dan perubahan zaman,” tandasnya. (HS-08)

Peduli Korban Kebakaran di Semarang, Anggota DPR RI Wisnu Wijaya Salurkan Bantuan Logistik

Sukirman: Program Pengentasan Kemiskinan Ekstrem Harus Jadi Prioritas