in

Kembangkan Wisata Bukit Kunci, Bhabinkamtibmas Polsek Jiken Launching Kaos Cenderamata

Bhabinkamtibmas Desa Bangowan, Polsek Jiken, Polres Blora, Bripka Nyamat Ari Widodo ST, bersama pengelola Wisata Wisata Bukit Kunci, melaunching kaos khas objek wisata tersebut. (Foto : Tribratanews.jateng.polri.go.id)

 

HALO BLORA – Berbagai upaya dilakukan Bhabinkamtibmas Desa Bangowan, Polsek Jiken, Polres Blora, Bripka Nyamat Ari Widodo ST, untuk mengembangkan Wisata Alam Bukit Kunci, yang merupakan bagian dari wilayah binaannya.

Setelah mengembangkan tanaman hidroponik dan pencanangan cemara Kamtibmas beberapa waktu lalu, Minggu (14/02) lalu dia bersama pengelola Wisata Wisata Bukit Kunci tersebut, melaunching Kaos Khas Bukit Kunci.

Launching dilakukan pada hari libur, karena pada saat-saat semacam itu lokasi wisata alam tersebut, biasanya didatangi banyak pengunjung. Mereka bukan hanya dari Blora, tetapi ada pula yang dari Grobogan, Rembang, Pati, atau bahkan Tuban dan Bojonegoro.

Dalam launching tersebut, pihaknya sekaligus mengingatkan pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Tak bosan kami juga mengingatkan pengunjung, agar menerapkan disiplin protokol kesehatan. Apalagi ini juga diberlakukan program PPKM Mikro. Jadi mari kita sukseskan untuk menekan penyebaran Covid-19, terutama diwilayah kecamatan Jiken,” kata dia.

Launching Kaos Bukit Kunci ini juga merupakan salah satu cara untuk mempromosikan wisata alam tersebut kepada masyarakat luar.

“Kaos Bukit Kunci ini menjadi salah satu cenderamata. Selain untuk promosi, dengan hasil penjualan kaos ini dapat untuk meningkatkan perekonomian penduduk. Hasil penjualannya bisa menjadi keuntungan pengelola, yang merupakan warga asli desa setempat. Selain itu jika laris, maka sebagian hasil penjualannya bisa untuk menambah modal mengembangkan Wisata Bukit Kunci ini,” kata Bripka Nyamat.

Dia mengakui stok yang disiapkan di display di lokasi tersebut memang masih terbatas. Walau demikian masyarakat dapat memesan secara online, melalui akun Instagram Bukit Kunci ataupun akun Instagram Bhabinkamtibmas Desa Bangowan.

“Jujur masih terbatas, karena juga masih terkendala modal,” kata Bripka Nyamat.

Untuk harga dari kaos Bukit Kunci tersebut bervariasi, yaitu lengan pendek Rp 85 ribu lengan panjang Rp 95 ribu, dan untuk anak-anak Rp 65 ribu.

“Harapannya jika cendera mata kaos ini laris, maka kami akan menambah beberapa cenderamata lainnya, mungkin bisa gantungan kunci atau pernik-pernik lainnya. Kami ingin wisata di sini berkembang, sehingga banyak dikunjungi wisatawan. Jika ramai dikunjungi, maka pendapatan warga pun bisa bertambah. Di tengah pandemi seperti ini, kita memang dituntut untuk kreatif,” kata Bripka Nyamat Ari Widodo.

Sementara itu Kepala Desa Bangowan, Sudarto menanggapi positif terobosan kreatif dari Bhabinkamtibmasnya tersebut. Dia mengakui pada awalnya memang pesimistis bisa launching kaos Wisata Bukit Kunci. Tetapi kemudian ternyata kegiatan itu sukses.

“Alhamdulilah ini adalah wujud kerja sama kita semua, dan tak lepas dari peran serta pak Bhabinkamtibmas. Dan hari ini Alhamdulilah bisa kita Launching Kaos Wisata Alam Bukit Kunci,” ucap Kepala Desa.

Terpisah Kapolsek Jiken Iptu Nur Dwi Edi SH MH, mengungkapkan bahwa upaya Bripka Nyamat tersebut adalah salah satu implementasi program dari Kapolres Blora AKBP Wiraga Dimas Tama SIK, di mana selama pandemi Covid-19 ini, Polri harus bisa menjadi inisiator dan penggerak ekonomi kreatif. Hal itu dilakukan dengan menjalin sinergi dengan instansi terkait dan stakeholder yang ada.

“Sesuai dengan program dari Kapolres Blora, bahwa Polri harus bisa mendukung ekonomi kreatif, dan apa yang dilakukan oleh Bripka Nyamat sudah tepat dan akan terus kita dukung,” kata Iptu Nur Dwi Edi. (HS-08)

Share This

Kemlu RI Pastikan Tak Ada WNI Jadi Korban Gempa Fukushima

Wapres Tegaskan, Kerukunan Antarumat Beragama Kunci Utama Jaga Keutuhan Bangsa