in

Kembangkan Bahan Baku Lokal, Winner Patebon Kendal Kenalkan Es Krim Cendol Sukun

Bupati Kendal, Dico M Ganinduto saat meresmikan gerai Winner di jalan raya Patebon - Pegandon, Sabtu (25/2/2023).

HALO KENDAL – Dalam rangka mengembangkan bahan baku lokal, Winner Ice Cream, Roti, dan Eatery yang lokasinya berada di Patebon, tepatnya di pinggir Jalan Raya Patebon-Pegandon, Kabupaten Kendal memperkenalkan produk unggulannya, yaitu es krim berbahan dasar buah sukun.

Menurut Owner Winner, Wahyu Perdana, sukun yang selama ini hanya dikenal untuk dibuat kripik dan gethuk, namun dirinya mencoba untuk mengolah buah sukun sebagai bahan es krim topping cendol sukun.

Sehingga dengan banyaknya jenis olahan yang dibuat berbahan dasar buah sukun, bisa ikut membantu warga yang mempunyai pohon buah sukun dalam menjual hasil buahnya.

“Biasanya es krim dibuat dari bahan-bahan seperti full cream, whippy cream, agar agar, gula, perasa, dan aneka bahan lainnya. Namun es krim yang menjadi unggulan kami adalah topping cendol sukun, bahan dasarnya adalah buah sukun,” terangnya saat launching Winner Ice Cream, Roti dan Eatery, Sabtu (25/2/2023).

Acara launching gerai Winner juga dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto beserta jajaran Forkopimcam Patebon, serta Ketua BPC HIPMI Kendal, M Arifianto beserta pengurus.

Menurut Wahyu, selain es krim unggulan toping cendol sukun, gerai Winner juga menyajikan topping varian lain, seperti buba, stroberry, mangga, dengan menu ciri khas es krim vanilla.

Selain itu, para pengunjung akan disajikan makanan khas Kendal lainnya. Yaitu iga bakar, sop buntut, nasi goreng ayam, ayam bakar, dan makanan lainnya. Selain itu juga tersedia aneka snack seperti pisang goreng, roti bajul, roti kepang, roti buaya, dan aneka jajanan lain.

“Harapannya, bisa mengangkat kuliner asli Kendal. Ini lho di Kendal ada kerupuk rambak, ada sate bumbon dan makanan lainnya. Selain itu juga bisa membuka lapangan pekerjaan dengan memberdayakan masyarakat sekitar untuk bekerja di sini,” imbuh Wahyu.

Sementara itu, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto usai menggunting pita tanda meresmikan gerai Winner, mengapresiasi dibukanya gerai es krim di wilayah Patebon. Dengan banyaknya toko yang menjual es krim, menurutnya pertumbuhan ekonomi para pelaku usaha di Kendal semakin menggeliat.

“Winner Ice Cream, Roti, dan Eatery ini bisa berkolaborasi dengan UMKM dengan mengembangkan cendol sukun dengan es krim toping cendol sukun ini. Jadi semua toping-topingnya menggunakan cendol sukun, dan rasanya enak. Tadi juga ada es krim dikasih klepon juga rasanya enak,” ungkapnya.

“Saya lihat semakin banyak yang membuka toko es krim ya di Kabupaten Kendal. Tentu dengan banyaknya usaha, bisa membuat Kabupaten Kendal semakin adem ya. Mudah-mudahan nanti semua jualan es krim supaya tidak panas,” imbuh Dico sambil bercanda kepada awak media.

Pada kesempatan tersebut, bupati juga mengaku, pihaknya terus mendorong para pengusaha muda lokal untuk lebih jeli mengangkat dan menggali potensi daerah dengan meningkatkan nilai tambah komoditas yang dihasilkan di Kendal.

“Kabupaten Kendal mempunyai banyak potensi pertanian dan perkebunan. Sehingga saya harap, para pengusaha, khususnya pengusaha muda seperti mas Wahyu ini bisa mengangkat produk unggulan lokal. Supaya produk kita bisa dikenal masyarakat luas,” ujar Bupati.(HS)

Persoalan Lahan Jalan Tol Semarang-Demak, Ganjar: Segera Diselesaikan

PSIS Akui Pertandingan Lawan Persita Seimbang