Kembalinya Pelatih Bergaya Abad 19

Sam Allardyce/dok.

 

HALO SPORT – Sam Allardyce (66) kembali menukangi klub di Liga Primer Inggris setelah dipilih menjadi manajer baru West Bromwich Albion menggantikan Slaven Bilic yang dipecat.

Big Sam adalah tipikal pelatih idola yang tak perlu duduk di kursi tim-tim besar. Dia terpilih sebagai pelatih Timnas Inggris pada 2016, tapi kemudian harus terdepak lantaran tersangkut masalah kasus malpraktik yang membuatnya mundur selepas hanya bekerja selama 67 hari.

Melatih West Brom akan menjadi yang pertama sejak mundur dari Everton dua tahun lalu. Big Sam ditugasi menyelamatkan tim promosi itu dari jeratan degradasi.

- Advertisement -

‘’Bersama Sam, kami punya seorang pria yang memiliki bukti riwayat Premier League dengan rekam jejak memperbaiki setiap klub yang ditanganinya,’’ ungkap Direktur Teknik West Brom Luke Dowling kepada BBC.

‘’Kami optimistis, dan yang lebih penting lagi Sam yakin. Kami memiliki kualitas yang dibutuhkan untuk memberikan klub kesempatan terbaiknya bertahan di Premiership,’’ tambahnya.

Lahir di Dudley, Inggris, 19 Oktober 1954, Allardyce akan membesut tim ke-12 sepanjang kariernya. The Baggies merupakan klub kedelapan di bawah kepelatihan Big Sam di Premier League.

Satu hal yang menarik, Allardyce gandrung dengan teknologi dan ilmu pengetahuan. Dia dianggap sebagai salah satu pelopor sport science dalam sepak bola Inggris.

Big Sam juga seorang yang meyakini yoga sebagai salah satu metode latihan timnya. Dikenal dengan taktik bola panjang, dia menolak anggapan itu, dan lebih senang menyebut gaya permainannya menekankan kerja keras di rancangan permainan dan organisasi tim.

Gaya bola lambungnya dinilai Jose Mourinho, mantan manajer Chelsea yang kini menukangi Tottenham Hotsour, sebagai style sepak bola abad 19.

Namun, Big Sam tak peduli karena tugasnya di mana pun bekerja adalah memberi manfaat buat tim yang dipolesnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.