Kembali Pimpin PKB Kendal, Makmun: Saya Siap Menangkan PKB di Pemilu 2024

Acara Sidang Pleno I di Muscab PKB, yang digelar di Kantor DPC PKB, Sabtu (6/3/2021).

 

HALO KENDAL – Muhammad Makmun kembali pimpin PKB Kendal sebagai Ketua Tanfidz Dewan Pengurus Cabang (DPC) PKB Kendal, sedangkan KH Ali Nurudin menjabat Ketua Dewan Syuro, masa bhakti 2021-2026.

Penetapan susunan pengurus dewan syuro dan dewan tanfidz dilakukan dalam Sidang Pleno Musyawarah Cabang (Muscab) ke-6, yang digelar di kantor DPC PKB, Sabtu (6/3/2021).

Muscab digelar secara serentak di seluruh kabupaten kota di Jawa Tengah dan DIY pada hari ini dan dilanjutkan wilayah lainnya di tanah air.

Dibuka secara virtual oleh Ketua Umum DPP PKB, A Muhaimin Iskandar, Muscab di Kantor DPC PKB Kendal dihadiri oleh pengurus di tingkat cabang dan anak cabang, serta seluruh anggota fraksi PKB di DPRD Kendal.

Selain itu pada acara pembukaan dihadiri Bupati Kendal, Dico M Ganinduto, Rois Syuriah PCNU KH Izzudin Abdussalam, dan sejumlah Ketua Parpol di Kendal.

Teguh Widodo, Wakil Ketua DPW PKB Jawa Tengah, yang mendapatkan mandat dari DPP PKB untuk memimpin sidang pleno mengatakan, pihaknya baru mendapatkan daftar nama yang ditunjuk sebagai pengurus hari ini.

“Saya baru mendapatkan nama-nama pengurus hari ini sebelum berangkat ke Muscab. Alhamdulilah nama-nama yang ditunjuk sesuai yang diusulkan dari pengurus di tingkat kecamatan,” terang Teguh.

Sementara, Ketua Dewan Tanfidz DPC PKB yang terpilih secara aklamasi, Muhammad Makmun menyatakan, dirinya siap mengemban amanah partai.

Dikatakan, pihaknya menargetkan PKB dalam kepengurusan mendatang, dapat kembali memenangkan Pileg dan Pemilu 2024.

“Di Pemilu 2024, kami menargetkan bisa menambah jumlah kursi dari 10 meningkat menjadi 15 kursi di DPRD. Untuk mengamankan target tersebut, diperlukan sekitar 150 hingga 160 ribu suara. Melihat kesolidan kita hari ini, insya-Allah kita bisa mewujudkannya,” tandas Makmun.

Terkait kekalahan di Pilkada 2020, menurutnya DPC PKB telah berusaha maksimal. Hanya saja hasilnya belum berpihak kepada PKB.

Namun, lanjut Makmun, PKB di Kendal telah menunjukkan kesolidan untuk mengusung kadernya sendiri.

“Sebagaimana disampaikan Ketum DPP PKB, bahwa Muscab sebagai agenda untuk konsolidasi, tidak ada perpecahan. Jangankan yang di dalam, yang masih di luar kita ajak untuk masuk ke dalam PKB. Bukan perlecahan, tapi bagaimana PKB bisa melakukan ekspansi,” imbuhnya.

Selain itu, pada kepengurusan yang baru ini DPC PKB akan menyiapkan kantor mandiri. Mengingat kantor yang ada sekarang masih meminjam aset milik Pemda.

“Insya-Allah lokasi direncanakan di Jalan Gajahmada, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kendal,” ujar Makmun.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya mengapresiasi peran PKB dalam mengawal proses demokrasi dengan suksesnya pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Kendal tahun 2020.

“Kami berkomitmen untuk merangkul semua pihak, dalam rangka untuk bergotong royong membangun Kendal,” kata Dico.

Di akhir sidang pleno, dari hasil masukan para pengurus dan kader, di antaranya disepakati DPC PKB Kendal mendukung Gus Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Ami), Ketua Umum DPP PKB sebagai calon presiden pada Pemilu 2024.

Ketua Panitia Muscab, Kholid Abdillah mengatakan, kepengurusan DPC PKB sebenarnya masih sampai tahun 2023.

“Sesuai arahan DPP, Muscab dipercepat untuk penyeragaman periode. Selain itu, DPC PKB diminta agar mengusung kader internal untuk maju dalam Pilkada yang akan datang,” tukasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.