in

Kemarau Basah, BPBD Boyolali Siapkan 1.500 Tangki Air Bersih untuk Antisipasi Kekeringan

Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung saat berikan keterangan kepada wartawan di Kantor BPBD Boyolali (18/8), (Foto : Boyolali.go.id)

 

HALO BOYOLALI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Pemkab Boyolali menyiapkan bantuan air bersih sebanyak 1.500 tangki, untuk mengantisipasi kekeringan. Namun demikian hingga kemarin belum ada permintaan bantuan dari masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Pelaksana Harian (Kalakhar) BPBD Kabupaten Boyolali, Bambang Sinung, berkaitan dengan antisipasi musim kemarau.

Menurut dia, belum adanya permintaan bantuan itu, karena hujan masih terjadi, walaupun dengan intensitas rendah hingga sedang. Dengan mengutip informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Bambang Sinung mengatakan bahwa kemarau tahun ini termasuk basah.

“Dan sampai saat ini belum ada permintaan dari warga masyarakat, sehingga khusus untuk musim kering ini kami belum ngedrop air bersih terutama daerah utara, karena masih kemarau basah, masyarakat belum membutuhkan.” terangnya saat ditemui di kantornya pada Jumat (13/8).

Biasanya, pada puncak musim kemarau seperti Agustus tahun ini, sebagian wilayah Boyolali mengalami kekeringan.

Terdapat tujuh Kecamatan yang rawan kekeringan, antara lain Kecamatan Juwangi, Kecamatan Wonosamodro, Kecamatan Wonosegoro, Kecamatan Kemusu, dan Kecamatan Andong yang berada di wilayah Boyolali bagian utara. Kemudian Kecamatan Selo dan Kecamatan Tamansari yang berada di wilayah Boyolali bagian barat.

Selanjutnya Sinung menambahkan, BPBD telah mengalokasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna menyiapkan 1.500 tangki bantuan air bersih.

Jika dibutuhkan tambahan, Pemkab Boyolali akan menggalang Corporate Social Responsibility (CSR).

“Khusus untuk CSR, nanti kami gerakkan dengan menggunakan 10 tangki, BPBD enam, PDAM dua, PU dua, sama mungkin nanti dari PMI dua. Tetapi PMI nanti sesuai kebutuhan dari permintaan masyarakat sekitar kota,” tandas Sinung. (HS-08)

 

Share This

Pemkab Klaten Salurkan 3.000 Paket Beras Bantuan Kemensos

Pemkot dan Muhammadiyah Surakarta Gelar Vaksinasi Tahap Ke-2