Halo Semarang
Take a fresh look at your lifestyle.

Kemacetan di Arteri Yos Sudarso Makin Parah, Pemerintah Perlu Bertindak

Antrean truk yang akan parkir ke kawasan Industri Cipta, Semarang.

 

HALO SEMARANG – Kemacetan yang terjadi di jalur Arteri Yos Sudarso, tepatnya di depan gerbang masuk Kawasan Industri Sinar Centra Cipta, Bandarharjo, Semarang Utara makin parah. Banyak truk dan kontainer yang keluar masuk kawasan industri tersebut, membuat jalur arteri menjadi macet parah. Pemerintah seakan diam dengan persoalan kemacetan ini. Apalagi jika terjadi banjir di kawasan itu. Kemacetan makin parah karena hanya sebagian jalan yang bisa dilalui kendaraan.

“Hingga kini belum ada upaya untuk mengantisipasi kemacetan. Padahal ini sangat merugikan pengguna jalan,” kata Sarman, sopir truk asal Mangkang yang ditemui di tengah kemacetan, Minggu (27/1/2019)

Di Jalan Arteri Yos Sudarso setiap hari juga ada ribuan kontainer yang akan parkir di terminal peti kemas milik PT Sinar Centra Cipta (SCC) di lahan yang disewa dari PT Indo Perkasa Usahatama (IPU).

“Pengaturan parkir harus dilakukan. Di terminal barang Jalan Arteri Yos Sudarso antreannya sangat panjang, lalu lintas jadi macet. Parkir di Jalan Ronggowarsito jelas larangan, dan membahayakan kendaraan pengguna jalan lainnya,” katanya.

Belum lama ini, M Khadik, Kepala Dishub Kota Semarang membenarkan, kemacetan yang sering terjadi di lokasi tersebut salah satunya disebabkan oleh antrean truk yang mau masuk ke kawasan Cipta.

“Upaya yang telah kami lakukan dengan mendatangi perusahaan tersebut dan meminta agar mengatur truk-truk yang akan masuk ke perusahaan agar antrean tidak terlalu panjang sehingga menyebabkan kemacetan. Selain itu kami juga meminta agar pengelola menggeser pos pendaftaran lebih masuk ke dalam kawasan, agar truk-truk yang mengantre masuk tidak mengganggu lalu lintas di jalan tersebut,” tandasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang