Kelas Gamelan di KBRI Seoul Kembali Dibuka

Kelas Gamelan yang diselenggarakan oleh KBRI Seoul bekerja sama dengan Seoul Institute of the Arts, untuk menjadikan gamelan sebagai salah satu musik etnik asing, yang diajarkan kepada para mahasiswa Korea Selatan. (Foto : Kemlu.go.id)

 

HALO SEMARANG – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Indonesia untuk memperkenalkan kekayaan budaya Nasional ke publik di luar negeri.

Salah satu upaya tersebut, seperti yang dilakukan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul, Korea Selatan, dengan membuka kelas gamelan.

Seperti dirilis Kemlu.go.id, kelas gamelan ini sebenarnya sudah ada sejak 2018, namun dihentikan sementara, ketika Covid-19 melanda seluruh dunia.

Kini kelas tersebut dibuka kembali, karena situasi sudah membaik. Walaupun demikian, seperti halnya di Indonesia, penyelenggaraan seperti ini tetap dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat.

Kelas gamelan di Seoul ini, diadakan bekerja sama dengan Seoul Institute of the Arts, untuk menjadikan gamelan sebagai salah satu musik etnik asing, yang diajarkan kepada para mahasiswa. Untuk kelas ini, sebanyak 33 mahasiswa jurusan musik antusias mengikutinya.

Penyelenggaraan kelas budaya atau Bahasa Indonesia merupakan salah satu kegiatan yang kerap kali diselenggarakan oleh Perwakilan Indonesia di luar negeri, sebagai salah satu upaya melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia.

Kelas-kelas tersebut umumnya diikuti oleh masyarakat setempat yang tertarik dengan budaya Indonesia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.