in

Kekosongan Lima Jabatan Kepala OPD Jadi Sorotan Pimpinan DPRD Kendal

Wakil Ketua DPRD Kendal, Anurrochim.

HALO KENDAL – Kekosongan Lima Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kendal yang hingga kini belum juga terisi mendapat tanggapan Wakil Ketua DPRD Kendal, Anurrochim.

Lima JPT Pratama, yaitu kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Komuniksi dan Informatika (Diskominfo), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD).

Selain itu juga akan ada kekosongan untuk jabatan Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) yang pejabat sekarang akan memasuki masa pensiun.

Politisi Partai Gerindra tersebut menilai, kekosongan JPT Pratama atau kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), bisa menyebabkan kinerja tidak bisa maksimal. Karena pelaksana tugas (Plt) tidak memiliki kekuatan kebijakan seperti pejabat definitif.

“Kami berharap, adanya beberapa jabatan kepala OPD yang kosong, supaya segera diisi. Bagaimana mau mengoptimalkan pelayanan jika kepala dinasnya saja masih pelaksana tugas,” tandas Anurrochim.

Untuk itulah, pihaknya meminta sesegera mungkin mengisi dan memilih pejabat definitif. Bagaimana proses dan caranya ia serahkan kepada Bupati, yang mempunyai hak prerogatif, sehingga tanggung jawabnya lebih maksimal.

“Jangan seperti saat ini ketika dimutasi sampai sekarang belum ada penggantinya. Sekali lagi saya tekankan, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja OPD tersebut,” imbuh Anurrochim.

Sebelumnya, Bupati Kendal, Dico M Ganinduto mengatakan, kekosongan JPT Pratama di lingkungan Pemkab Kendal akan segera diisi.

“Jabatan itu akan segera kita isi. Kita juga sudah minta izin ke KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara) untuk segera kita buka,” ujarnya, Selasa (23/5/2023).

Bupati menegaskan, kekosongan jabatan selama ini tidak mengganggu kinerjanya OPD, dan berjalan sudah sesuai dengan prosedur semua.

“Artinya juga nggak ada yang lintas OPD. Dan masing-masing pelaksana tugas-nya juga dari dinas terkait. Jadi semuanya kinerja masih tetap efektif,” tandas Dico.(HS)

Bawaslu Kendal Tak Ingin Ada Pelanggaran Netralitas ASN di Wilayahnya

Mbak Ita Pastikan Keberangkatan Haji ASN Tidak Mempengaruhi Pelayanan pada Masyarakat