in

Kejar Target Vaksinasi, Bupati Pemalang Minta Kades Dorong Warga, Polres Gelar Si Sambar

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, memimpin rakor kades se Kabupaten Pemalang tahun 2021, di lapangan Tenis Indoor kompleks rumah dinas bupati, Selasa (9/11). (Foto : Pemalangkab.go.id)

 

HALO PEMALANG – Capaian vaksinasi di Kabupaten Pemalang yang baru mencapai 46 persen, membuat level PPKM di wilayah itu tak kunjung turun dari level tiga ke dua. Pemkab Pemalang dan Polres Pemalang pun berupaya mengejar taget dengan menggelar vaksinasi hingga ke desa-desa.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo, ketika memimpin rakor kades se Kabupaten Pemalang tahun 2021, di lapangan Tenis Indoor komplek rumah dinas bupati, Selasa (9/11) pun, meminta dukungan para kepala desa.

Mereka diminta untuk mengajak warga, agar bersedia datang ke tempat-tempat vaksinasi, untuk mendapatkan suntikan kekebalan tubuh dari ancaman Covid-19 tersebut.

Lebih lanjut Bupati Pemalang mengatakan bahwa pencapaian vaksinasi baru 46 persen, sehingga harus dipacu. “Pesan kami, sukseskan vaksinasi. Kalau vaksinasi sudah 70 %, kami akan mengajukan pembelajaran tatap muka,” kata dia.

Dia mengungkapkan keprihatinan, terkait pembelajaran tatap muka yang belum bisa dilaksanakan. Jika PPKM tidak segera turun dan pembelajaran secara daring masih berlangsung, maka dia khawatir dapat menurunkan kualitas pendidikan dan mempengaruhi generasi yang akan datang.

”Untuk itu sekali lagi saya minta dukungan dari para kades, untuk ikut menyukseskan program vaksinasi di Kabupaten Pemalang, karena kalau program ini sukses, hasilnya akan dinikmati oleh semua warga masyarakat Pemalang,” kata dia.

Kegiatan ini juga diisi dengan pengukuhan pengurus paguyuban Silaturahmi Pamong Desa Kabupaten Pemalang (Simongklang) periode tahun 2021-2024, oleh Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo disaksikan Sekda Kabupaten Pemalang M Arifin beserta jajaran OPD terkait di lingkungan Pemkab Pemalang.

Si Sambar

Dorongan serupa disampaikan Wakil Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, seraya mengatakan pihaknya sudah berkolaborasi dengan Polres Pemalang. Salah satu upaya yang dilakukan, adalah menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal, dalam kegiatan bertajuk Vaksinasi Sambang Warga (Si Sambar), di Desa Kalimas, Kecamatan Randudongkal.

“Kami berkolaborasi dengan Polres Pemalang, untuk menggelar program Si Sambar, sebagai inovasi dan terobosan untuk percepatan vaksinasi di Pemalang,” kata Mansur, Selasa (9/11),

Wakil Bupati juga mengatakan Bupati sudah memerintahkan Dinas Kesehatan, untuk menggelar vaksinasi hingga ke desa-desa. Upaya jemput bola itu perlu dilakukan, karena ada sebagian warga yang tempat tinggalnya terlalu jauh dari Puskesmas.

Menurut dia, upaya menangani Covid-19 melalui vaksinasi sudah maksimal. Dalam sehari, para vaksinator bisa menyuntikkan hingga 15.000 dosis. Namun demikian, angka tersebut memang masih di bawah target, yakni 20.000 dosis.

Dalam dua minggu kemarin tim sudah menyuntikkan vaksin dosis dua 10.000 dan dosis satu 5.000/hari.

Namun demikian, saat ini penyuntikan vaksin dosis pertama, juga terhambat oleh pemberian dosis dua. Hal itu karena tenaga kesehatan yang ada, difokuskan untuk vaksinasi dosis kedua tersebut.

Karena itu upaya yang harus dilakukan oleh Dinas Kesehatan, menurut dia adalah menambah tim tenaga kesehatan. Dia berharap dengan penambahan tersebut, target vaksinasi 50% akan tercapai dalam pekan ini.

Untuk mencapai target tersebut ada dukungan 34 fasilitas kesehatan (faskes) di mana setiap faskes terdapat empat titik vaksinasi.

Adapun untuk stok vaskin menurut Wakil Bupati untuk dosis satu ada 29.000. Dengan stok tersebut berarti masih kurang 10.000 dosis lagi sebab masih membutuhkan 30.000 lagi dosis 1.

Sementara itu, Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, mengatakan sasaran program Si Sambar ini adalah skala mikro. Kegiatan vaksinasi dilakukan dengan cara jemput bola, hingga ke tingkat rukun tetangga.

Cara tersebut ternyata dapat memotivasi warga untuk datang. Seperti ketika Si Sambar digelar di Balai Desa Kalimas, Kecamatan Randudongkal, Selasa (9/11). Saat itu warga pun berdatangan, demi mendapatkan vaksin Covid-19.

Untuk memotivasi dan menghibur warga, Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo pun menggelar kuis.

Bagi warga yang bisa menjawab kuis, Kapolres memberikan hadiah doorprize berupa payung dan mug.

”Hadiah hiburan diberikan untuk memberikan semangat pada warga, agar tetap mematuhi protokol kesehatan, meskipun sudah divaksin di gerai Si Sambar,” kata Kapolres.

Kapolres juga mengungkapkan rasa syukur, karena dari kuis tersebut, diketahui bahwa warga warga Desa Kalimas sudah memahami protokol kesehatan dan program vaksinasi.

“Saat itu pertanyaan yang kami sampaikan, harus dijawab dengan cepat dan tepat,” kata AKBP Ari Wibowo.

Kapolres Pemalang tetap mengimbau agar warga si wilayahnya untuk bersedia datang ke tempat vaksinasi, untuk bersama-sama mewujudkan kekebalan komunal dari Covid-19.

“Mari kita sukseskan vaksinasi, dengan melaksanakan vaksinasi di gerai vaksin yang telah disediakan oleh pemerintah daerah, Polres Pemalang, atau Kodim 0711/Pemalang,” kata Kapolres. (Pur,HS-08)

Share This

Pantau PTM di 14 Kecamatan, Bupati Rembang : Jangan Sampai Ada Klaster Sekolah

Aplikasi Kudu Sekolah Kabupaten Pekalongan Masuk Top 45 KIPP Nasional