Kejar Target Baznas, ASN Purbalingga Didorong Salurkan Zakat Penghasilan

Sosialisasi Zakat dan Kelembagaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Pendapa Dipakusuma. (Foto : Jatengprov.go.id)

 

HALO PURBALINGGA – Para aparatur sipil negara (ASN) yang beragama Islam di Kabupaten Purbalingga, hendaknya bisa menjadi Muzakki, dan membayar zakat melalui Baznas Purbalingga.

Ajakan tersebut disampaikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Purbalingga, Sarwa Pramana, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Zakat dan Kelembagaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Pendapa Dipakusuma.

“Potensi terbesar di Kabupaten Purbalingga dalam menyumbang pembangunan daerah melalui zakat penghasilan adalah dari kalangan ASN. Sayangnya potensi yang mencapai Rp30 miliar belum tergali secara maksimal,” tuturnya, seperti disampaikan Jatengprov.go.id, Kamis (5/11).

Menurut dia, potensi besar zakat itu menjadi pekerjaan rumah pemerintah bersama para pemangku kepentingan. Optimalisasi zakat di kalangan ASN dapat dicapai dengan komunikasi yang baik antara Baznas bersama Pemkab Purbalingga.

Dalam waktu dekat, pihaknya akan mengumpulkan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), sekaligus bendaharanya guna menggugah kepedulian kalangan ASN untuk berzakat.

“Dengan komunikasi yang baik tersebut, mampu menciptakan kemudahan dalam penyaluran dana Baznas yang lebih mudah dan cepat tanpa ada mekanisme birokrasi yang rumit dalam penyalurannya,” ujar Sarwa.

Saat ini, lanjut Pjs Bupati Sarwa, jumlah dana yang dikumpulkan oleh Baznas Purbalingga mencapai Rp2,4 miliar dari target tahun 2020 sebesar Rp3 miliar.

Angka itu akan terus digenjot karena dana Baznas merupakan salah satu solusi tercepat untuk menangani kemiskinan yang ada di Kabupaten Purbalingga.

Ketua Baznas Purbalingga, Chumaiidi, mengatakan penyaluran dana Baznas, antara lain untuk penanggulangan kemiskinan. Karena itu pihaknya berupaya bersinergi dengan program Pemkab Purbalingga.

Adapun program-program tersebut adalah Purbalingga Taqwa, Purbalingga Peduli, Purbalingga Cerdas, Purbalingga Sehat, dan Purbalingga Sejahtera.

Salah satu contoh pelaksanaan program Purbalingga Taqwa adalah pembangunan rumah mualaf di aula kantor Baznas.

“Baznas telah menyediakan rumah mualaf yang sampai saat ini dipergunakan secara rutin untuk pengajian kaum mualaf Purbalingga.” ungkapnya. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.