in

Kedaulatan Rakyat Harus Dijaga, Bawaslu: Awasi Pemilu!

Deklarasi Desa Pengawasan oleh Bawaslu Kendal, di Desa Tratemulyo, Weleri, Kamis (30/9/2021).

 

HALO KENDAL – Bawaslu Kabupaten Kendal gencar membangun komitmen bersama masyarakat Kabupaten Kendal, dalam rangka menjaga kedaulatan rakyat.

Hal tersebut disampaikan Kordiv Hukum Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin dalam Deklarasi Desa Tratemulyo sebagai Desa Pengawasan, di Balai Rembug Dukuh Desa Tratemulyo, Weleri, Kamis (30/9/2021).

“Pemilu adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat. Oleh karena itu, bapak dan ibu memiliki kedaulatan yang dilaksanakan melalui sarana pemilu,” jelasnya.

Arief menegaskan, pendelegasian kedaulatan itu harus dijaga supaya tidak disalahgunakan.

“Mari jaga kedaulatan itu bersama-sama dengan cara mengawasi proses Pemilu agar sesuai tata aturan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tratemulyo, Ari Sigit Cahyono menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kendal.

“Kami sangat berterima kasih Tratemulyo dijadikan Desa Pengawasan. Komitmen kami jelas, yaitu ikut mengawasi Pemilu 2024 secara partisipatif agar Pemilu berhasil dan mendapat pemimpin yang amanah,” ujarnya.

Hal itu juga sesuai isi deklarasi Desa Tratemulyo yang dibacakan Aliyah Warga Tratemulyo yang diikuti peserta.

“Kita berkomitmen menjadikan Desa Tratemulyo sebagai Pelopor Desa Pengawasan. Kami juga mendukung tugas Badan Pengawas Pemilihan Umum,” ucap peserta bersama.

Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani usai acara mengatakan, acara deklarasi ini dalam rangka menjaga kedaulatan rakyat melalui Pemilu.

Menurutnya, selain Desa Tratemulyo, Kecamatan Weleri, ada tiga desa lain yang sudah deklarasi sebagai Desa Pengawasan pada 2021 ini.

“Yakni, Desa Protomulyo, Kecamatan Kaliwungu Selatan, Desa Ngampel Kulon Kecamatan Ngampel, dan Desa Mojo Kecamatan Ringinarum,” tukas Odilia.(HS)

Share This

70 Persen Pedagang Pasar Tradisional di Jateng Telah Divaksin, Belum Terapkan PeduliLindungi

Ganjar Kawal dan Suporteri Langsung Atlet PON Jateng yang Menuju Papua