in

Kecamatan Sigaluh Bentuk Sekretariat Agro Eduwisata Kampung Buah, UMKM dan Ekraf

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, ketika meresmikan Sekretariat Agro Eduwisata Kampung Buah, UMKM dan Ekraf di Kecamatan Sigaluh. (Foto : Banjarnegarakab.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Pemerintah Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara membentuk Sekretariat Agro Eduwisata Kampung Buah, UMKM dan ekonomi kreatif (ekraf) yang diresmikan oleh Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin, Rabu (1/9).

Camat Sigaluh, Izak Danial Aloys mengatakan Kecamatan Sigaluh merupakan pintu masuk Kabupaten Banjarnegara sebelah timur, memang memliki beragam potensi, mulai dari alam, perkebunan, pariwasata, hingga sumber daya manusianya.

Dengan potensi yang besar seperti itu, dibutuhkan wadah untuk para pelaku usaha dan kelompok masyarakat di wilayah ini, untuk saling berkomunikasi dan membangun jejaring kerja sama, agar potensi-potensi lokal yang ada bisa dikelola dengan optimal dan menjadi daya tarik.

Karena itulah kemudian dibentuk Sekretariat Agro Eduwisata Kampung Buah, UMKM dan Ekraf. Sekretariat tersebut sekaligus merupakan tempat pembelajaran bersama, bagi para pelaku agro eduwisata, UMKM dan ekonomi kreatif di wilayah Kecamatan Sigaluh.

Dengan adanya sekretariat ini, diharapkan para pelaku usaha dan kelompok masyarakat bisa menjalin komunikasi dan saling berbagi ilmu, sehingga segala potensi yang ada bisa dikelola dengan baik.

“Jika potensi-potensi yang ada dikelola dengan baik maka akan berdampak besar pada perekonomian dan peningkatan kesejahteraan,” katanya

Setelah peresmian sekretariat ini, Izak berencana akan mengundang kembali para pelaku usaha untuk berdiskusi, membahas usaha riil, potensi serta kendala yang ada dan membangun jejaring kerjasama dengan stakeholder.

“Ini masih permulaan, memang tidak mudah dan membutuhkan proses panjang. Semoga ke depan dapat berjalan dengan lancar dan terwujud hasil seperti apa yang diharapkan,” ungkapnya

Wakil Bupati Banjarnegara, Syamsudin mendukung penuh adanya sekretariat ini. Dia menilai, hal tersebut merupakan bentuk inovasi pemberdayaan masyarakat di Kecamatan Sigaluh.

“Sebuah mimpi besar tersaji disini, tentang bagaimana mengelola potensi-potensi lokal yang ada dan menjadikan Kecamatan Sigaluh menarik untuk dikunjungi,” katanya

Wabup juga mengajak semua pihak terkait untuk mendukung dan mensuport kegiatan seperti ini. Hal ini diperlukan karena pemerintah butuh kerjasa sama semua pihak agar rencana pembangunan yang sudah tertuang didalam RPJMD 2017-2022 dapat tercapai.

“Ke depan kami harap kegiatan seperti ini juga bisa dikembangkan di kecamatan-kecamatan lain,” tuturnya. (HS-08)

Share This

PPKM Level 2, Pemkab Batang Buka Terbatas Wisata dan Pentas Seni

Masuk PPKM Level 3, SMP Negeri 1 Boyolali Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka