Kebumen Luncurkan Festival Anggaran Dan Subsidi Bunga Bagi Usaha Mikro Kecil Tahun 2021

Pemerintah Kabupaten Kebumen, resmi meluncurkan Festival Anggaran dan Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil, di Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2021, Rabu (28/4) di Pendopo Rumah Dinas Bupati. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen, resmi meluncurkan Festival Anggaran dan Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil di Kabupaten Kebumen Tahun Anggaran 2021.

Peluncuran dilaksanakan Bupati Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, Rabu (28/4) di Pendopo Rumah Dinas.

- Advertisement -

Wakil Bupati Ristawati Purwaningsih, dalam sambutannya mengatakan kegiatan festival anggaran, merupakan bentuk transparansi anggaran dan keuangan pemerintah, serta bentuk konkret dari komitment keterbukaan dan reformasi birokrasi pemerintah.

Festival anggaran akan memberikan gambaran perkembangan pelaksanaan program dan alokasi kebijakan anggaran daerah, untuk kebutuhan dan pelayanan dasar, seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan peningkatan ekonomi.

“Harapannya agar masyarakat bisa mengetahui dengan detail tentang penggunaan anggaran oleh Pemerintah Kabupaten Kebumen, apakah sudah tepat sasaran atau belum, sudah sesuai atau belum,” kata Wabup Ristawati, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Ristawati juga mengatakan pemerintah berusaha menjawab tantangan-tantangan dalam penyediaan layanan publik, agar lebih profesional. Hal tersebut tidaklah mudah, sehingga membutuhkan peran serta dan dukungan dari semua OPD.

Salah satu upaya untuk mewujudkan hal tersebut yakni melalui komitmen yang dituangkan dalam misi pertama pemerintahan Bupati dan Wakil Bupati Arif-Rista, yakni peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik melalui pelayanan birokrasi yang responsif serta penerapan e-gov dan open-gov yang terintegrasi. Yakni dengan meluncurkan program unggulan Festival Anggaran.

“Saya meminta agar setiap OPD dapat menampilkan anggarannya melalui website masing-masing, serta melalui papan pengumuman di kantornya masing-masing yang mudah terllihat,” jelas Ristawati.

Selain transparansi penggunaan anggaran, Rista juga menjelasakan mengenai subsidi bunga bagi usaha mikro kecil 2021. Saat ini di Kabupaten Kebumen terdapat sekitar 46.000 usaha mikro kecil (UMK). Walaupun berskala UMK, mereka memiliki peran dan kontribusi penting dalam perekonomian Kabupaten Kebumen.

Persoalan yang selama ini mereka hadapi, adalah sulit berkembang karena tidak dapat memperoleh permodalan, termasuk melalui kredit atau pembiayaan perbankan.

Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Kebumen menetapkan kebijakan Subsidi Bunga Bagi Usaha Mikro Kecil Tahun 2021.

Dengan program tersebut, diharapkan pelaku usaha dapat memperoleh fasilitas permodalan dari lembaga jasa keuangan, dengan bunga rendah.

Dijelaskan Kepala Bagian Perekonomian Setda Yunita Prasetyani, program subsidi bunga untuk UMKM ini, dibagi untuk tiga BUMD dengan target bisa menyasar 600 nasabah.

Masing-masing BUMD tersebut adalah BPR BKK, BPR Bank Kebumen, dan PD BPR BKK Jateng Cabang Kebumen.

Ia juga menambahkan, dalam program subsidi bunga ini UMKM mendapatkan potongan untuk bunga pinjaman yang diajukan.

Tujuannya, tidak lain untuk membantu untuk UMKM yang produktif tapi kekurangan modal.

Dalam peluncuran kegiatan Festival Anggaran dan Subsidi Bunga bagi Usaha Mikro Kecil yang dihadiri sejumlah pejabat dan Kepala OPD serta perwakilan BUMD ini, juga ditandai dengan penyerahan secara simbolis program subsidi bunga bagi sejumlah UMKM dari lembaga keuangan penyalur. Yakni PT BPR Bank Kebumen, PT BPR BKK Kebumen dan PT BPR BKK Jateng Cabang Kebumen. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.