Kebumen Dorong Terciptanya Kabupaten Sehat

Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono, dalam ‘Lokakarya dan Sosialisasi Kabupaten dan Kota Sehat, Tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2021’, di Hotel Candisari. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemerintah Kabupaten Kebumen berupaya menjadikan wilayahnya sebagai kabupaten yang sehat. Karena itu dia meminta agar semua pihak, termasuk masyarakat dapat berpartisipasi.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono, dalam ‘Lokakarya dan Sosialisasi Kabupaten dan Kota Sehat Tingkat Kabupaten Kebumen Tahun 2021’, di Hotel Candisari, Selasa (6/4).

” Ini menjadi tanggung jawab tanggung jawab bersama pemerintah dan masyarakat. Termasuk para tokoh-tokoh masyarakat pemuka agama, generasi muda, LSM dan lain-lain,” ujarnya, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Dijelaskan Ahmad Ujang, wilayah kabupaten atau kota sehat, harus bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk. Hal ini dapat dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi, yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kabupaten atau kota sehat, juga harus bisa melaksanakan berbagai program pembangunan berwawasan kesehatan, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakat.

“Penyelenggaraan kabupaten atau kota sehat diwujudkan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, yang difasilitasi oleh Pemkab atau Pemkot. Untuk mewujudkannya, dilaksanakan melalui “forum” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada,” urai Sekda Ahmad Ujang Sugiono Ahmad.

Ujang juga menjelaskan sasaran kegiatan kabupaten kota sehat, diantaranya dengan melaksanakan program Kabupaten Kota Sehat dan sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat. Tentunya melalui perberdayaan forum yang disepakati masyarakat.

“Kegiatan kota sehat dapat diwujudkan dengan membentuk forum masyarakat, pemkab dan pihak swasta. Harapannya bisa menampung aspirasi masyarakat sehingga kebijakan yang diambil pemerintah benar-benar seimbang dan berkelanjutan,” kata Ujang.

Dia juga menyampaikan mengenai pentingnya untuk terus menyosialisasikan program kota sehat, agar diperoleh kesepahaman pemikiran dari semua pihak. “Seluruh komponen masyarakat dapat memberikan dukungan,” kata dia. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.