in

Kebijakan One Way di Tol Jakarta – Semarang, Pemudik ke Barat Harus Lewat Arteri

Arus lalu lintas di exit tol Gandulan Kabupaten Pemalang, Jumat (29/4/2022). (Sumber : Tangkapan Layar Youtube Polres Pemalang)

 

HALO PEMALANG – Situasi arus lalu lintas di jalan tol Jakarta hingga Semarang, masih tergolong normal. Penambahan jumlah kendaraan yang terjadi, tidak sampai menimbulkan kepadatan.

Hal itu disampaikan Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, setelah memonitor arus lalu lintas menjelang Lebaran 2022, di exit tol Gandulan Kabupaten Pemalang, pada pukul 20:39 WIB, Jumat (29/4/2022).

Menurut dia, situasi arus lalu lintas tersebut, dipengaruhi oleh pemberlakuan kebijakan one way dan ganjil genap di jalur tol, terutama dari arah Jakarta menuju Semarang, sejak 29 April 2022 lalu.

Kebijakan tersebut juga menimbulkan konsekuensi para pemudik yang menuju ke arah Jakarta, tidak dapat menggunakan jalan tol, melainkan harus menggunakan jalan arteri.

Kapolres Pemalang AKBP Ari Wibowo, seperti dirilis Pemalangkab.go.id, juga mengatakan telah menyiagakan tim urai kemacetan, baik di jalan tol maupun jalan arteri. Para petugas itu siap 24 jam, untuk memperlancar arus lalu lintas, jika sewaktu-waktu terjadi kemacetan.

Selain tim urai, pihaknya juga menyiapkan posko pelayanan, untuk memberikan tempat bagi pemudik untuk beristirahat.

Kapolres Pemalang sudah menyiapkan 600 personel untuk mengamankan arus mudik. Mereka terdiri atas unsur Polri, TNI, dan Pramuka. Pemkab Pemalang juga terlibat aktif memberikan dukungan, dengan mengerahkan para personel dari unsur Dinas Kesehatan, Satuan Polisi Pamong Praja, dan Dinas Perhubungan.

Kapolres Pemalang mengimbau para masyarakat, untuk menggunakan kendaraan yang memenuhi syarat keselamatan. Selain itu para pengemudi harus tetap mengedepankan etika dalam berkendara.

“Jika pemudik sudah lelah, mohon untuk tidak dipaksakan tetap berkendara,” kata dia. (HS-08)

Sedia Layanan Pijat dan Dibuka Full 24 Jam, PKS Kota Semarang Dirikan Posko Mudik Dr Salim

Potensi Lukai Sang Juara