in

Kebakaran Pabrik Mabel di Tembalang, Kerugian Ditaksir Puluhan Miliar

Ilustrasi kebakaran.

 

HALO SEMARANG – Api melahap habis pabrik mebel di Griya Borobudur Blok E9 RT 7 RW 5, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang pada Snin (30/8/2021) sekira pukul 19.00 WIB.

Diketahui pemilik tempat tersebut yaitu PT Mabel Kalika Inter Graha. Akibat kejadian tersebut, pihaknya harus mengalami kerugian mencapai puluhan miliar.

“Semalem pemilknya Pak Eko saya temui. Ngobrol-ngobrol katanya ada dua kontainer mabel kayu jati yang siap ekspor dengan diameter kayu jati 4-5 meter. Kerugiannya banyak itu, bisa puluhan sampai ratusan miliar,” kata Kabid Operasional dan Penyelamatan Damkar Kota Semarang, Trijoto Poejo kepada halosemarang.id Selasa (31/8/2021).

Dia menjelaskan, kejadian bermula ketika penjaga pabrik pergi untuk melaksanakan salat magrib lalu dilanjut membeli makananan. Disaat yang bersamaan, ada penyalaan api yang diduga berasal dari korseleting listrik di lantai dua pabrik tersebut.

“Penyebabnya masih dugaan sementara. Api cepat merambat karena di dalam ada bahan-bahan yang mudah terbakar seperti kertas, kayu, serbuk kayu, mengingat itu adalah pabrik mabel. Semua aset hangus karena begitu cepat api menyebar,” ujarnya.

Total 138 personel dan 9 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api. Kemudian api sempat padam pada pukul 23.00 WIB.

“Api pagi hari menyala lagi. Hal itu Karena atap pabrik yang terbuat dari seng, kemudian atap tersebut roboh menutupi bahan yang terbakar. Di situlah masih ada sisa-sisa api yang tak terdeteksi kemudian menyala lagi. Pagi ini damkar masih proses pemadaman,” bebernya.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Trijoto mengaku selama proses pemadaman pihaknya tak mengalami kendala lantaran di dekat lokasi kejadian terdapat sungai sebagai sumber air.

“Di depan pasar Meteseh ada sungai. Jadi kita lakukan sedot semprot,” imbuhnya.(HS)

Share This

Di Atas Pandemi Ada Cinta

Perpanjangan Batas Waktu Penyaluran DAK Fisik untuk Optimalisasi Penyerapan Anggaran