in

Kebakaran Di Asrama Kodam 4 Diponegoro, Beruntung Tak Ada Korban Jiwa

Kebakaran menghanguskan sembilan rumah di permukiman Asrama Kodam 4 Diponegoro RT4 RW 5, Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Semarang, Rabu (7/7/2021) sekira pukul 17.00 WIB.

 

HALO SEMARANG – Terjadi kebakaran di permukiman Asrama Kodam 4 Diponegoro RT4 RW 5, Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari pada Rabu (7/7/2021) sekira pukul 17.00 WIB.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun sembilan rumah milik warga hangus dilahap jago merah.

Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Diduga penyebab kebakaran berawal dari salah satu rumah yang sedang ditinggal pergi pemiliknya.

Komandan Pleton 3 Pemadam Kebakaran, Wahyudi mengatakan, pihaknya menerjunkan tujuh unit mobil pemadam kebakaran dan 36 personel untuk memadamkan api.

Dia menyebut kebakaran terjadi karena kelalaian pemilik rumah saat pergi meninggalkan tempat tinggalnya tersebut.

“Kronologi berawal dari salah satu rumah, info dari RT karena kelalaian penghuni saat pergi. Mungkin saat pergi lupa meninggalkan kompor atau mematikan listrik, bisa saja itu sebagai pemicu kebakaran,” kata Wahyudi kepada halosemarang.id di lokasi kejadian.

Wahyudi menuturkan, medan yang sempit membuat pihaknya mengalami kendala dalam proses pemadaman. Beberapa petugas juga sempat batuk-batuk dan mengalami gangguan pernapasan akibat terkena kepulan asap yang sangat pekat.

“Medan yang sempit membuat armada dan mobil pemadam kesusahan untuk mendekat, sehingga harus menggelar selang air yang banyak. Akibat asap personel juga sempat kewalahan dalam proses pemadaman,” bebernya.

Sementara itu, salah satu saksi mata, Doni mengatakan, sebelum kejadian penghuni rumah pergi jalan kaki dan sempat berpamitan dengan dia.

Namun tak lama setelah ia pergi, lanjut Doni, rumahnya terbakar lalu api membesar kemudian merembet ke beberapa rumah warga.

Kebakaran membuat warga panik sehinga barang-barang berharga milik warga langsung diamankan.

“Katanya mau pergi sebentar, 15 menit kemudian rumahnya terbakar dan api membesar merembet ke rumah lainnya,” imbuhnya.

Dalam pantauan api berhasil padam pukul 19.30 WIB. Dan saat ini masih dalam proses pendinginan, kemudian akan dilakukan proses penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran.(HS)

Share This

Sulit untuk Bertahan di MotoGP

Ingin Berguru pada Mantan Juara