in

KBRI Beograd Pamerkan Karya Seni Alumni Darmasiswa Asal Serbia

Kelompok tari binaan KBRI Beograd, Bidadari, di mana para penarinya adalah alumnus Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI), membawakan tarian Indonesia dalam “Indonesian Festival 2021: Exhibition of Craftsand Culture” di Beograd. (Foto : Kemlu.go.id)

 

HALO SEMARANG – Karya seni dan budaya Indonesia berupa batik, lukisan dongeng khas Indonesia, wayang, dan topeng tradisional Indonesia, dipamerkan di Perpustakaan Kota Beograd, pada acara “Indonesian Festival 2021: Exhibition of Craftsand Culture”.

Hasil karya seni dan budaya tersebut, merupakan kreasi lima alumnus Darmasiswa dari Serbia, yaitu Ana Vodopija, Andreja Krstić, Nikola Đelošević, Katarina Mladenović, dan Katarina Ivanović.

​Pameran tersebut diselenggarakan oleh KBRI Beograd, bekerja sama dengan Perpustakaan Kota Beograd.

Laman resmi Kemenlu RI merilis, dalam pembukaan pameran tersebut,  Dubes RI untuk Serbia, M Chandra W Yudha, berpesan kepada para alumnus, agar mereka dapat menjadi duta Indonesia untuk Serbia, melalui karya-karya seni dan budayanya. Mereka juga diharapkan dapat berbagi pada warga Serbia, tentang pengalaman selama belajar di Indonesia.

Pembukaan pameran ini dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari para Duta Besar dan korps diplomatik, perwakilan Pemerintah Serbia, organisasi internasional, diaspora dan asosiasi masyarakat Indonesia-Serbia, hingga khalayak umum.

Selain pameran karya seni, dalam pembukaan pameran ini ditampilkan pula berbagai tarian tradisional Indonesia oleh kelompok tari binaan KBRI Beograd, Bidadari, di mana para penarinya juga merupakan alumni beasiswa Indonesia yakni Darmasiswa dan Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI).

Tari “Bedhaya Sarpo Rodra” asal Jawa, “Taruna Jaya” dari Bali, dan “Burung Enggang” dari Kalimantan, pada malam itu ditampilkan di area pusat kota Beograd, di jalan Knez Mihailova. Di samping itu, ditampilkan pula permainan alat-alat musik tradisional Indonesia oleh beberapa musisi Serbia.​ (HS-08)

Share This

Program Padat Karya Tunai Kementerian PUPR Serap 755.816 Tenaga Kerja

Mal Ciputra Tutup, Resto Hanya Layani Take Away