in

Kawasan Pantai Mangunharjo Dihijaukan dengan Ribuan Pohon Bakau

Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi didampingi Sekretaris DPC PDI-P, Kadarlusman bersama kader menanam pohon mangrove di pesisir pantai Mangunharjo, Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, Kota Semarang, Minggu (23/1/2022).

HALO SEMARANG – Penanaman pohon bakau untuk mencegah abrasi di wilayah pesisir Pantai Mangunharjo, Kelurahan Mangkang Kulon, Kecamatan Tugu, kembali dilakukan. Kali ini, para kader PDI Perjuangan Kota Semarang melaksanakan penanaman mangrove dalam rangkaian HUT PDI- P ke-49, yang jatuh pada 10 Januari 2022.

Ketua DPC Partai PDI Perjuangan, Hendrar Prihadi mengatakan, penanaman pohon bakau di Pantai Mangunharjo sebagai upaya menghijaukan wilayah pesisir, dan sekaligus mencegah abrasi. Dikatakan, Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi, penghijauan wilayah pesisir dengan mangrove ini sebagai upaya untuk ikut merawat alam.

“Ini wujud rasa syukur kepedulian, alam sudah memberikan kenikmatan, dan keuntungan bagi kita. Sekaligus upaya merawat bumi dan lingkungan dalam rangkaian memperingati HUT PDI-P yang ke-49, sekaligus merupakan hari istimewa bersamaan dengan hari ulang tahun Ketua Umum kami, Ibu Megawati Soekarnoputri yang ke-75,” katanya, di sela-sela penanaman mangrove, Minggu (23/1/2022).

Penanaman mangrove, kata Hendi, oleh PDIP adalah bagian dari gerakan semangat ikut aktif untuk pembangunan Kota Semarang. Khususnya di wilayah Mangunharjo. “Yang dulu kita ketahui wilayah ini sulit dijamah, dengan kekuatan dan dukungan PDIP, yang ada di dewan dan eksekutif mampu mengubahnya. Harapannya ke depan wilayah ini jadi jujugan masyarakat dan lebih baik,” kata pria yang juga Wali Kota Semarang ini.

Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Kadarlusman mengatakan, penanaman mangrove di Pantai Mangunharjo merupakan program rutin yang dilakukan pihaknya. Bersamaan dengan HUT PDI-P yang ke-49, kader di seluruh Indonesia diinstruksikan untuk melakukan penanaman pohon.

“Penanaman mangrove ini, kenapa di Mangunharjo, karena sebagai alternatif destinasi wisata khususnya pantai. Karena satu-satunya pantai di Kota Semarang, yang masuknya gratis bisa dinikmati warga, ya di sini. Karena hampir semua pantai di Kota Semarang dikuasai oleh swasta,” tambah Pilus, sapaan akrabnya.

Dalam penanaman kali ini, selain mangrove juga pohon pule dan cemara laut. Harapannya, wilayah Mangunharjo menjadi teduh, menarik warga lokal dan luar kota untuk berkunjung ke sana.

“Yang penting untuk kurangi dampak dari abrasi yang kian mengikis pesisir pantai. Kami memperbanyak tanaman mangrove dan jenis lainnya agar di sana makin hijau dan melestarikan lingkungan,” terang pria yang juga Ketua DPRD Kota Semarang itu.

Dikatakan, Pilus, wilayah Mangunharjo, setelah ditinjau Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi memiki potensi, sehingga perlu dikembangkan lagi agar makin nyaman. Dan harus didukung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, seperti penambahan fasilitas spot foto dan lainnya. “Bisa juga menggandeng pihak ketiga, swasta untuk mengembangkan wisata pantai Mangunharjo ini,” katanya.

Sementara, Camat Tugu, Kusnandir mengatakan, ada sekitar 2.000 pohon bakau, dan jenis lainnya seperti pule, cemara laut, dan trembesi yang sudah ditanam di sana.

“Untuk lebih menghijaukan wilayah pesisir agar lebih nyaman saat dikunjungi masyarakat. Biasanya, Sabtu dan Minggu, masyarakat yang datang berkunjung ke sini cukup ramai. Sehingga perlu adanya upaya penghijauan, sekaligus untuk mencegah lingkungan dari dampak berupa abrasi laut,” katanya.(HS)

Menempati Rumah Kontrakan Sejak 2020, Dico dan Chacha Akhirnya Pindah ke Rumah Dinas Baru

Program Zero Knalpot Brong Berjalan Dua Minggu, Polda Jateng Tindak Ribuan Kendaraan