in

Kata Mendag Zulkifli soal Menitipkan Keponakan Agar Bisa Masuk ke Unila

Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan bersama Menteri BUMN, Erick Thohir usai memantau harga kebutuhan pokok di Pasar Rasalama Banyumanik, Kota Semarang, Jumat (2/12/2022).

HALO SEMARANG – Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan dikabarkan menitipkan keponakannya bernisial ZAG agar bisa masuk menjadi mahasiswa Univesitas Lampung (Unila).

Hal itu disampaikan oleh Rektor nonaktif Unila Karomani dalam persidangan ketika menjadi tersangka kasus suap penerimaan mahasiswa baru Unila, Rabu (30/11/2022).

Zulkifli mengklaim bahwa dirinya tidak mempunyai keponakan maupun kerabat berinisial ZAG. Tak hanya itu, Zulkfili juga mengaku tak memiliki saudara yang hendak mendaftar di Unila.

“Unila, saya bilang ikutin aja (proses sidang), sudah jelas tidak punya ponakan yang kuliah, tidak punya ponakan yang nama itu. Tidak punya saudara yang daftar kuliah Unila,” ujar Zulkfili kepada wartawan usai memantau harga kebutuhan pokok bersama Menteri BUMN, Erick Thohir di Pasar Rasalama Banyumanik, Kota Semarang, Jumat (2/12/2022).

“Saya enggak punya ponakan nama itu, enggak ada. Kan gampang dicek ini saudara saya bukan, kan ketahuan enggak ada nama ponakan itu enggak ada,” katanya.

Lebih lanjut, Zulkifli menyebut tak tahu bahkan tak mengenal siapa Rektor nonaktif Unila Karomani. Dirinya mengatakan tidak akan melaporkan terkait namanya yang disebut dalam sidang kasus suap tersebut.

“Nggak ada, tidak kenal rektornya. Sudah toh apalagi. Tidak kenal, tidak punya ponakan. Clear kan,” kata Zuklifli

“Ya ndak usah (tidak melaporkan),” lanjutnya.

Disisi lain, Zulkifi menambahkan, memang sebagai pejabat namanya memang kerap kali disebutkan oleh orang.

“Kalau tokoh kan biasa lah, biasa kan (dicatut namanya),” imbuhnya.

Sebelumnya, Rektor Universitas Lampung (Unila) nonaktif, Karomani menyebut, jika Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, turut menitipkan keponakannya agar bisa masuk di Universitas Lampung.

Hal itu terungkap dalam persidangan kasus suap penerimaan mahasiswa baru Unila dengan terdakwa Andi Desfiandi, Rabu (30/11). Dalam sidang tersebut tersangka Karomani hadir memberikan keterangan sebagai saksi.

Jaksa Penuntut Umum (KPK), awalnya menanyakan kepada saksi Karomani terkait ada nama Zulkifli Hasan yang turut menitipkan calon mahasiswa melalui jalur mandiri.

“Zulkifli siapa yang dimaksud yang anda tulis (daftar mahasiswa titipan) didalam sini?,” tanya JPU.

“Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan,” jawab Karomani. (HS-06)

Ganjar Serukan Jaga Persatuan ke Kader PAN: Siapapun yang Menang, Kita Salaman

PKS Kota Semarang Salurkan Bantuan dan Kirimkan Relawan untuk Korban Gempa Cianjur