in

Kasat Binmas Polres Blora Sosialisasi Tugas Polisi RW

Kasat Binmas Polres Blora, AKP Lilik Widyastuti dalam acara sosialisasi, terkait tugas Polisi RW, di aula Desa Ngrambitan, Japah, belum lama ini. (Foto : blorakab.go.id)

 

HALO BLORA РKepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polres Blora, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Lilik Widyastuti, memberikan sosialisasi kepada masyarakat,  terkait tugas Polisi RW di aula Desa Ngrambitan, Japah, belum lama ini.

Lilik Widyastuti mengatakan, sosialisasi dilaksanakan, karena banyak warga masyarakat yang awam mengenai Polisi RW dan bedanya dengan Bhabinkamtibmas.

Menurut Kasat Binmas, AKP Lilik Widyastuti, bahwa dalam rangka menjaga Harkamtibmas atau memelihara keamanan, keselamatan mengemudi, dan ketertiban masyarakat, Polri membentuk Polisi RW.

“Bahwasanya personel Polisi RW merupakan anggota polisi, yang tinggal di lingkungan RW atau di sekitar RW masing-masing, yang memiliki tugas yang sama seperti yang diemban oleh Bhabinkamtibmas namun dalam lingkup RW,” kata dia, seperti dirilis Blorakab.go.id.

Kemudian, menampung keluh kesah masyarakat serta membantu penyelesaian masalah yang terjadi di lingkup rukun warga.

“Polisi RW adalah Program tingkat Nasional, jadi ada dan dilaksanakan di seluruh Indonesia, jadi dengan adanya kegiatan atau program ini diharapkan masyarakat dapat bekerja sama dan bersinergi dengan polri demi situasi Kamtibmas yang kondusif, program ini juga diharapkan dapat mempengaruhi interaksi langsung dengan masyarkat pada tingkat RW dengan berhati-hati tindakan preemtif,” kata AKP Lilik.

Polisi RW bermitra dengan masyarakat, dalam mendeteksi dan mengidentifikasi permasalahan kamtibmas di lingkungan serta menemukan pemecahan masalah, juga bersama dengan masyarakat mengatasi masalah sosial dengan tindakan pencegahan dan pencegahan melalui pemecahan masalah sehingga tidak menjadi masalah hukum atau mengganggu Kamtibmas. (HS-08).

Sempat Mengalami Kenaikan, Harga Telur Ayam di Kendal Mulai Turun

Lomba Satkamling Tingkat Polda Jateg, Warga Peragakan Aksi Tangkap Maling