in

Karena Alasan Ini Sifa Geluti Bisnis Kaktus Hias

Salah satu pelanggan Sifa saat sedang berkunjung ke lapak Fatiktus.id Jalan Malangsari V No 10, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Kota Semarang.

 

HALO SEMARANG – Kaktus mini menjadi satu di antara jenis tanaman yang banyak digandrungi masyarakat penggemar tanaman hias. Bentuk yang bervariasi, unik namun perawatannya tidak amat sukar, menjadi alasan tanaman kaktus untuk jadi primadona.

Dari morfologi itu, menjadikan tanaman berduri tersebut saat ini naik daun. Sebab, cocok ditempatkan untuk memperelok ruangan maupun di halaman rumah.

Atas dasar tersebut membuat Sifa Hardiyati Fatikha memanfaatkan peluang untuk memulai berwirausaha. Bermodalkan Rp 1,3 juta, ia dapat mendatangkan bibit berbagai jenis kaktus dari Sumatera.

“Modal saya sedikit, jadi saya mencari ke petani langsung. Akhirnya saya menemukan harga yang terjangkau ada di Sumatra,” ungkap Sifa, Selasa (3/8/2021).

Meski sedang belajar dan memanfaatkan halaman depan rumahnya di kawasan Jalan Malangsari V No 10, Tlogosari Kulon, Pedurungan, Kota Semarang, lambat laun pemilik lapak Fatiktus.id ini merasakan tingginya permintaan konsumen.

“Memang awal-awal itu standar, tapi makin ke sini banyak permintaan. Ramai ada yang beli satuan juga ada yang borongan 50 sampai 70 kaktus,” tutur alumni Institut Pertanian Bogor tersebut.

Menurutnya, memiliki tanaman kaktus adalah termasuk bagian dari hobi. Maka, jika menilik hobi, peminatnya tidak akan surut.

“Kalau bisnis makan atau baju kan naik turun tergantung tren. Kalau hobi selalu ada yang cari, walaupun perputaran produk agak lama, tapi bisa saya budi dayakan,” ucapnya.

Perihal pemasaran, ia memanfaatkan sosial media dan perdagangan elektronik atau e-commerce. Dengan varian harga mulai dari ukuran dan jenisnya.

“Tergantung ukuran saya jual, mulai dari Rp lima ribu hingga Rp 30 ribuan,” kata perempuan yang serius menekuni bisnis ini.

Ke depan, Sifa berharap agar pandemi segera berakhir dan bisnisnya bisa kembali berjalan normal. Karena tidak dipungkiri, pandemi juga berdampak pada penurunan penjualan.

“Semoga pandemi cepat berlalu, karena minat orang kan tergantung pendapatan,” tandasnya.(HS)

Share This

Aksi Mahasiswa Jateng Yang Terjun Bantu Masyarakat Tuai Pujian

Data Vaksin Kacau, Ganjar Terjun ke Lapangan Dan Ternyata..