Karang Taruna Kabupaten Kendal Siap Berperan Sukseskan Pilkada

Ketua Karang Taruna Kendal, Alfebian Yulando dan Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani, beserta jajaran pengurus, usai audensi di Kanror Bawaslu Kendal, Kamis (12/11/2020).

 

HALO KENDAL – Dalam rangka menguatkan sinergisitas generasi muda untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Serentak 2020, Karang Taruna Kabupaten Kendal mengadakan silaturahmi dengan Bawaslu di Kantor Bawaslu Kendal, Kamis (12/11/2020).

Dalam kunjungan ke Kantor Bawaslu Kendal, dipimpin langsung Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal bersama jajaran pengurus, yang diterima oleh Ketua Bawaslu beserta para Kordiv Bawaslu Kendal.

Ketua Bawaslu Kendal, Odilia Amy Wardayani mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari jajaran Karang Taruna Kabupaten Kendal ini.

Menurutnya, generasi muda memiliki peran penting dalam mensukseskan Pilkada serentak 2020. Karena itu, dia meminta adanya peningkatan partisipasi pengawasan kaum muda melalui berbagai cara.

“Peran milenial sangat berpengaruh untuk pilkada. Begitu pula dengan stakeholder pilkada lainnya. Dengan peran bersama ini menentukan kualitas demokrasi dan pemilihan ke depan,” terang Odilia.

Dirinya menjelaskan, tujuan pengawasan pilkada adalah memastikan terselenggaranya pemilihan yang Luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan Jurdil (jujur dan adil), sehingha berkualitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang ada.

“Hal ini untuk mewujudkan pilkada yang demokratis, menegakkan integritas, kredibilitas penyelenggara, transparansi penyelenggaraan, dan akuntailitas hasil pilkada,” imbuh Odilia.

Sementara itu Kordiv Penindakan dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kendal, Firman T Subagyo menambahkan, Bawaslu mengajak peran serta milenial untuk berperan aktif mensukseskan Pilkada Kendal. Salah satunya merangkul organisasi Karang Taruna.

Sementara Ketua Karang Taruna Kabupaten Kendal, Alfebian Yulando menyampaikan terima kasih atas diterimanya kunjungan Karang Taruna Kendal ini. Menurutnya, banyak hal yang bisa disinergikan antara organisasi kepemudaan dengan Bawaslu Kendal.

“Pertemuan ini dilakukan untuk membangun sinergitas dalam pengawasan pelaksanaan pilkada, sehingga terwujud pilkada yang berkualitas, meski saat ini sedang dilanda wabah pandemi Covid-19,” kata pria yang biasa disapa Febi ini.

Dirinya menegaskan, Karang Taruna Kabupaten Kendal, sampai saat ini tetap netral dan tidak berpihak kepada salah satu pasangan calon. Untuk itu, pihaknya akan siap mendukung dan mengawal pelaksanaan pilkada, terutama ikut membantu mengawasi kampanye pilkada hingga selesai.

“Terima kasih kepada jajaran Bawaslu Kendal, yang telah menerima kunjungan kami dan memberikan beberapa pencerahan kepada kami, tentang apa saja yang terkait rambu-rambu pilkada dan pelanggaran yang harus dihindari,” ungkapnya.

Sementara Kordiv Hukum Bawaslu Kendal, Arief Mustofifin mengatakan, dalam hal pengawasan pilkada, pihaknya perlu melibatkan elemen masyarakat. Tujuannya agar pelaksanaan Pilkada 2020 berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Misalkan dalam pengawasan kampanye di media sosial, peran aktif dari generasi milenial sangat dibutuhkan. Utamanya adalah, kaum milenial sudah sangat familiar dengan medsos,” jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengajak peran serta generasi muda di Kabupaten Kendal, untuk ikut mengawasi proses pilkada, agar berjalan sesuai aturan dan menghasilkan pemimpin yang bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik.

“Milenial sebagai agen perubahan tentunya mempunyai peran yang sangat penting. Kalau proses pelaksanaan pilkada dijalankan dengan benar, maka akan menghasilkan pemimpin yang sesuai dengan harapan masyarakat, dan bisa membangun Kendal lebih baik lagi,” pungkasnya.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.