in

Kaprodi Psikologi USM : SDM di Fakultas Psikologi USM Profesional dan Berkompeten

Ketua Program Studi S-1 Psikologi Universitas Semarang (USM), Yudi Kurniawan, SPsi MPsi Psikolog, dipandu Putri Sabila, menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang diadakan Radio USM Jaya Semarang, di Gedung N USM, pada belum lama ini. (Foto : Dok USM)

 

HALO SEMARANG – Sumber daya manusia (SDM) Prodi S-1 Psikologi Universitas Semarang (USM) tidak “kaleng-kaleng”. Prodi ini mempunyai dua guru besar, 6 dosen bergelar doktor, 24 dosen magister, dan satu yang sedang studi lanjut.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Program Studi S-1 Psikologi Universitas Semarang (USM), Yudi Kurniawan, SPsi MPsi Psikolog saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, yang diadakan Radio USM Jaya Semarang, di Gedung N USM, pada belum lama ini.

“Jadi untuk SDM-nya tidak ‘kaleng-kaleng’, profesional, dan berkompeten di bidang psikologi,” kata dia.

Menurutnya, Program Studi S-1 Psikologi USM merupakan salah satu prodi yang masuk ke-3 besar terfavorit, dengan jumlah penerimaan mahasiswa baru terbanyak di USM.

Terdapat beragam mata kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa Psikologi USM baik secara teori maupun praktik di lapangan.

Mereka juga mengikuti program Merdeka Belajar, yang dapat dimanfaatkan dalam mengeksplorasi ilmu yang didapat.

”Di psikologi kita belajar segala proses mental yang nanti wujudnya dalam bentuk pikiran, perasaan, hingga perilaku. Ada mata kuliah psikologi konseling dimana mahasiswa diminta untuk praktik bagaimana melakukan konseling yang tepat kepada klien dan sebagainya. Lalu ada kunjungan lapangan untuk memberikan gambaran kepada mahasiswa keadaan di lapangan,” kata Yudi.

Program studi yang terakreditasi Baik Sekali itu memiliki beberapa peminatan jurusan diantaranya Psikologi Klinis, Psikologi Pendidikan, Psikologi Sosial, Psikologi Industri, dan Psikologi Perkembangan.

Tak hanya itu, terdapat pula fasilitas yang lengkap dan memadai mulai dari laboratorium, perpustakaan, ruang kelas ber-AC lengkap dengan proyektor, kursi dan meja, layanan psikologi yang dapat menjadi wadah bagi mahasiswa magang, hingga Sertifikat Tes Uji Kompetensi (TUK) dari BNSP yang dapat diikuti oleh mahasiswa Psikologi USM.

Adapun prestasi yang telah diraih mahasiswa Psikologi USM yaitu mulai menjadi speaker dalam conference mahasiswa, menjadi juara dalam lomba debat, masuk 3 besar dan juara dalam event mawapres USM serta beberapa event olahraga, terdapat mahasiswa yang mengikuti program pertukaran pelajar di Thailand dan Gorontalo.

”Prospek kerjanya sangat luas bisa menjadi asisten psikolog, praktisi di bidang sumber daya manusia, praktisi di bidang pendidikan, beberapa alumnus kami juga meneruskan di militer, kepolisian dan angkatan darat yang memang khusus di bidang psikologi, bisa juga menjadi konselor,” ujar Yudi dalam talkshow yang dipandu Putri Sabila itu.

Yudi mengatakan, pendaftaran Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Semester Gasal 2024/2025 mulai 1 April – 28 Agustus 2024.

”Psikologi itu selalu punya tagline ‘Psikologi Selalu di Hati’, sehingga jika ingin tahu segala macam ilmu perilaku, mental dan emosi terkait dengan Kota Semarang khasnya kami. Silakan segera daftar dan sampai ketemu September 2024. Silakan lihat website pmb.usm.ac.id atau Instagram @usm_jaya dan @psikologi_usm,” ungkapnya.* (HS-08)

Pemerintah Salurkan Bantuan Rp 175 Miliar Untuk Petani Terdampak Banjir di Jateng

Cek Kesiapan Haji di Tanah Suci, Menag Singgung Umrah Backpacker