in

Kapolsek Ketanggungan Cek Lokasi Tanah Longsor di Desa Ciseureuh Brebes

Kapolsek Ketanggungan AKP Suroto SH bersama Bripka Dwi Cahyo, dan Kades Ciseureuh Darsono, serta Babinsa Koramil Ketanggungan, Serka Dasro mengecek lokasi tanah longsor di Desa Ciseureuh. (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO BREBES –  Peningkatan curah hujan di Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Sabtu (12/02), telah memicu longsor di sejumlah lokasi. Akibat peristiwa itu, terdapat jalur-jalur yang tak dapat lagi dilalui kendaraan bermotor roda empat.

Hal itu disampaikan Kapolsek Ketanggungan AKP Suroto SH bersama Bripka Dwi Cahyo, dan Kades Ciseureuh Darsono, serta Babinsa Koramil Ketanggungan, Serka Dasro setelah mengecek lokasi tanah longsor di Desa Ciseureuh.

Kapolsek Ketanggungan, menjelaskan lokasi longsor terdapat di tiga lokasi, yakni di jalan desa yang menghubungkan Dukuh Ciseureuh dengan Dukuh Jalawastu, Dukuh Grogol dan Dukuh Silagading Ds Ciseureuh, dan di lereng Bukit Malereng, masuk hutan Petak 70.C, RPH Ciseureuh, BKPH, KPH  Banjarharjo Timur, KPH Balapulang.

“Material tebing tanah longsor tersebut, panjang 30 Meter, lebar 5 m, kedalaman 3 m. Akibat longsor badan jalan tinggal sisa 1,5 m, tidak bisa di lewati kendaraan bermotor roda 4,” kata Kapolsek Ketanggungan, seperti dirilis Humas.polri.go.id.

Untuk longsor di tepi jalan penghubung Desa Ciseureuh dan Pedukuhan Jalawastu, Grogol dan Silagading Desa Ciseureuh, ketinggian tebing yang longsor 10 meter, lebar 5 meter. Akibatnya sebagian jalan tertutup material batu , bambu, dan jalan tidak bisa di lewati kendaraan bermotor roda 4.

Tanah longsor juga menutup akses jalan penghubung Desa Ciseureuh dan Pedukuham Jalawastu, Grogol dan Silagading Dusun Ciseureuh. Tebing yang longsor sekitar 15 meter dan lebar 8 meter. Akibatnya sebagian jalan tertutup material batu, tanah, dan lumpur, jalur tersebut juga tak bisa dilalui mobil.

“Sementara untuk akses jalan hanya bisa digunakan untuk kendaraan roda 2 dan pejalan kaki,” kata AKP Suroto.

Dia mengatakan sudah berkoordinasi dengan dengan Pemerintah Desa Ciseureuh, untuk mengerahkan warga berkerja bakti membersihkan material longsoran. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan BPBD dan DPU Kabupaten Brebes, untuk membantu perbaikan infrastruktur jalan.

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan PLN, untuk membantu memindahkan tiang listrik yang berdekatan dengan lokasi longsor, jalur itu bisa dilalui kembali oleh kendaraan roda 4.

Kepala Desa Ciseureuh, Darsono menambahkan dalam kejadian bencana ini pihaknya juga membantu Kapolsek, untuk berkoordinasi dengan Perhutani RPH Ciseureuh, untuk membantu dan memperbolehkan tebing di pinggir jalan dikepras, guna memperlebar jalan, agar bisa dilalui lagi oleh kendaraan roda empat. (HS-08)

Cegah Kejahatan, Polres Grobogan Patroli ke Objek Vital

Kesenian Lengger Batang Perlu Dilestarikan