Kapolrestabes Ikut Awasi Langsung Kedatangan Pemudik dari Jakarta ke Semarang

Petugas PT KAI beserta petugas kepolisian melakukan penyemprotan penumpang KAI di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (28/3/2020).

 

HALO SEMARANG – Pihak kepolisian dari Polrestabes Semarang ikut melakukan pengawasan pemudik dari Jakarta ke Semarang, dengan melakukan pengecekan dan sosialisasi pencegahan penyebaran virus corona di stasiun kereta api di Semarang.

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Auliasyah lubis memimpin langsung pengawasan penumpang kereta api yang berasal dari Jakarta di Stasiun Tawang Semarang, Sabtu (28/3/2020).

Semua penumpang langsung menjalani Standar Operasional Prosedur (SOP) usai turun dari kereta, mulai dari penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu tubuh, dan pengisian formulir untuk meminimalisir korban virus corona.

“Mulai hari ini seluruh penumpang yang turun di Semarang selain menjalani standar operasional prosedur (SOP) dari PT KAI, juga ada pengkhususan lagi, yaitu pengisian formulir yang berisi identitas diri serta tujuan penumpang,” ungkap Kombes Auliansyah Lubis saat pemantauan di Stasiun Tawang, Sabtu (28/3/2020) sore.

Kombes Auliansyah menambahkan, bahwa formulir yang diisi oleh penumpang yang datang ke Semarang ini juga berisi pernyataan tentang kondisi jasmani dan sanggup mengisolasi diri jika memang tertular virus corona. Tujuannya agar tidak menularkan kepada masyarakat di tempat tujuan.

“Formulir ini sudah saya sampaiakan ke Dirjen Perhubungan Darat dan saya mengusulkan agar formulir ini dibagikan saat di stasiun keberangkatan atau di atas kereta,” imbuhnya.

Dari pantauan, ada tiga ketera api yang penumpangnya menjalani pemeriksaan pada Sabtu sore (28/3/2020), yaitu KA Argo Muria, Tawang Jaya Premium, dan Argo Bromo Anggrek dengan total penumpang sekitar 76 orang.

Kapolrestabes juga akan menyampaikan kepada kepala terminal, bandara, maupun pelabuhan di Kota Semarang untuk melakukan hal yang sama kepada penumpang. Hal ini adalah salah satu cara agar meningkatnya jumlah pemudik dari Jakarta ke Semarang dan sekitar, tidak memperparah pendemik corona di wilayah ini.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.