in

Kapolres Salatiga Imbau Pedagang Waspadai Peredaran Uang Palsu

Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengecek ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga, di Pasar Raya I Salatiga, Selasa (12/03/2024). (Humas.polri.go.id)

 

HALO SALATIGA – Kapolres Salatiga AKBP Aryuni Novitasari mengecek ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harga, pada Bulan Suci Ramadhan 1445 H, di Pasar Raya I Salatiga, Selasa (12/03/2024).

Ikut dalam rombongan, Wakapolres Kompol Iman Sudiyantoro, bersama Pejabat Utama Polres Salatiga,

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Salatiga menjalin dialog dengan para pedagang, terkait ketersediaan dan juga harga sembako seperti beras, minyak goreng, daging sapi, ayam potong, bawang merah dan bawang putih serta beberapa bahan lainnya.

“Dari hasil pengecekan dan dialogis dengan pedagang untuk harga bahan pokok seperti beras, minyak goreng, ayam potong, bawang merah, cabai dan beberapa komoditi lainnya mengalami kenaikan harga, namun ketersediaan tetap mencukupi.”, kata AKBP Aryuni Novitasari, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Selain memantau ketersediaan stok bahan pokok, Kapolres Salatiga dalam kesempatan tersebut juga mengingatkan pedagang untuk lebih hati-hati dan waspada terhadap peredaran uang palsu, yang memanfaatkan momen Ramadan.

Saat melakukan transaksi jual beli harus hati-hati terhadap peredaran uang palsu, pastikan keasliannya dengan cara dilihat, diraba, dan diterawang.

“Para pelaku kejahatan biasanya memanfaatkan kelengahan pedagang dalam melancarkan aksinya,” kata dia.

Saat ramai pembeli, pedagang kadang tidak sempat meneliti uang yang diberikan. Kelengahan itulah yang sering dimanfaatkan oleh pengedar uang palsu.

Dia mengingatkan, uang palsu selalu dibuat semirip mungkin dengan yang asli, sehingga sepintas tidak terlihat perbedaannya.

Namun jika dicermati, apalagi menggunakan cara cara dilihat, diraba, dan diterawang, akan terlihat perbedaan.

“Lebih baik teliti dan hati-hati agar tidak merugi,” kata Kapolres sebelum meninggalkan lokasi Pasar Raya I. (HS-08)

Gelar Razia, Personel Gabungan TNI, Polri, dan Satpol PP Grobogan Jaring 9 Pasangan Bukan Suami Istri

Transaksi Ajang Sauto Expo 2024 Ditarget Tembus Rp 6 Miliar