in

Kapolres Banjaregara Monitor Pengamanan Gereja, Pastikan Peringatan Paskah 2024 Lancar

Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, bersama PJU Polres Banjarnegara, mengecek dan memantau pengamanan kegiatan perayaan paskah, di gereja di wilayah Banjarnegara, Minggu (31/3/2024). (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO BANJARNEGARA – Kapolres Banjarnegara, AKBP Erick Budi Santoso, bersama PJU Polres Banjarnegara, mengecek dan memantau pengamanan kegiatan perayaan paskah, di sejumlah gereja di Wilayah Banjarnegara, Minggu (31/3/2024).

Kapolres Banjarnegara AKBP Erick Budi Santoso, mengatakan monitoring pelaksanaan pengamanan perayaan Paskah, dilakukan guna memastikan umat kristiani dapat beribadah dengan aman, lancar dan tertib.

“Memastikan situasi kamtibmas terkendali dan umat kristiani saat ibadah merasa aman nyaman,” kata dia, di Mapolres Banjarnegara, seperti dirilis humas.polri.go.id.

Ia mengungkapkan, bahwa pihaknya menerjunkan sedikitnya 370 personel, untuk mengamankan rangkaian kegiatan ibadah paskah dan libur panjang, sejak 28 sampai 31 Maret 2024

“Pengamanan dilakukan secara gabungan dengan melibatkan Personel Polres Banjarnegara, Polsek Jajaran, serta instansi terkait guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada umat Kristiani yang melaksanakan ibadah paskah di Gereja,” ucap dia.

Menurut dia, pengamanan kegiatan dilakukan guna mengantisipasi gangguan stabilitas kamtibmas, sehingga perlu dilakukan upaya preventif mencegah gangguan keamanan.

“Personel melakukan pengamanan dan pengawasan untuk melakukan tindakan awal apabila ada kejadian yang dapat menggangu stabilitas Kamtibmas,” ucapanya.

Pengamanan dilakukan, lanjut Kapolres, sebagai upaya dalam memberikan jaminan keamanan kepada jemaat dalam menjalankan kegiatan ibadah di masa pekan paskah, yang dimulai dari Kamis putih, Jumat Agung, hingga Minggu Paskah yang harus menjadi atensi aparat kepolisian.

“Pengamanan dan pengawasan dilakukan bersama instansi terkait untuk mengamankan jalannya kegiatan serta untuk melakukan tindakan awal apabila ada kejadian yang dapat menggangu stabilitas Kamtibmas,” ucapanya.

Ia menegaskan, pihaknya terus melakulan pengawalan dan pengamanan penuh di setiap kegiatan ibadah di Gereja pada masa Paskah ini dengan melakukan patroli dengan skala besar, baik pagi, siang, sore, maupun malam hari.

“Mari kita sama-sama menjaga keamanan di Kabupaten Banjarnegara, hidup rukun dan saling menghormati,” ucapanya.

“Jadi kami amankan agar tidak terjadi gangguan kamtibmas disaat Umat Kristiani merayakan hari Paskah,” ujarnya.

Ratusan personel, kata dia, langsung disebar ke gereja untuk melaksanakan pengamanan baik sifatnya terbuka maupun tertutup.

“Kami sangat berharap situasi di wilayah hukum Polres Banjarnegara aman dan Kondusif,” kata dia. (HS-08)

Sejumlah Remaja Diamankan Buntut Aksi Konvoi Motor Resahkan Warga di Semarang

Sejumlah Lembaga Amil Zakat di Pemalang Berkolaborasi Adakan Santunan Akbar 1.000 Dhuafa