in

Kantor SAR Semarang Gelar Pelatihan Pertolongan dan Pencarian di Gunung Hutan

Kantor SAR Semarang gelar Bimtek Pencarian dan Pertolongan dengan skema gunung hutan di Basarnas Pos SAR Kabupaten Wonosobo, Selasa (14/11/23).

HALO SEMARANG – Kantor Pencarian dan Pertolongan SAR Semarang menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencarian dan Pertolongan dengan skema gunung hutan di Basarnas Pos SAR Kabupaten Wonosobo, Selasa (14/11/23)

Kegiatan ini di selenggarakan selama 5 hari mulai 13 sampai 17 November 2023 bertempat di ruang rapat Pos SAR Wonosobo. Kemudian aplikasi lapangan di Gunung Kembang dengan peserta berjumlah 30 orang dan instruktur berjumlah 5 orang dari Basarnas Semarang

“Kegiatan bimtek bertujuan peningkatan kompetensi di bidang Search dan Rescue di gunung hutan  selain peningkatan kompetensi bimtek ini juga untuk memberikan kekuatan mental pada diri kita,” ujar Kepala Kantor SAR Semarang Heru Suhartanto.

Ia menekankan bahwa kegiatan di gunung dan hutan sangat komplek dengan beberapa masalah yang ada. Sehingga kegiatan di gunung dan hutan harus dilakukan secara terencana dan memiliki pengetahuan dan keterampilan serta sikap mental.

“Berikan materi pengetahuan dan keterampilan kepada peserta secara profesional, berkualitas dan jangan lupa safety prosedur. Untuk para peserta laksanakan kegiatan bimtek secara sungguh- sungguh, ikuti dan pahami materi yang diberikan oleh instruktur,” terangnya,

Sementara dalam pelatihan, pengetahuan yang diberikan di antaranya praktek navigasi darat, komunikasi lapangan, manejemen posko, explore SAR, penggunaan GPS, slove tandu darurat dan simulasi pencarian dan pertolongan.

“Semoga kegiatan bimtek ini dapat perlindungan Tuhan Yang Maha Esa dan bermanfaat bagi diri kita dan masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya. (HS-06)

Prakiraan Cuaca Semarang dan Sekitarnya, Selasa (14/11/2023)

Pj Gubernur Jateng Memastikan Ketertiban Pertandingan Piala Dunia di Stadion Manahan