in

Kantongi Sertifikasi CHSE, Goa Kreo Siap Sambut Kunjungan Wisatawan

Satu di antara monyet ekor panjang yang ada di kawasan Daya Tarik Wisata Goa Kreo/dok.

 

HALO SEMARANG – Daya Tarik Wisata Goa Kreo menyerukan pembukaan bagi pengunjung untuk berwisata di masa penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level satu di Kota Semarang.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Kreo dan Agrowisata, Mamit Sumitra mengatakan, jaminan akan kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan terhadap wisatawan atau sertifikasi CHSE telah dikantongi pihaknya.

“Siap menyambut wisatawan, Goa Kreo baru saja mendapatkan sertifikasi CHSE dengan nilai 99. Wisatawan aman kalau berkunjung ke sini,” kata Mamit kepada halosemarang.id, Minggu (24/10/2021).

Meskipun belum mendapatkan kuota untuk melakukan penyaringan kesehatan terhadap wisatawan, Mamit menyebut, nilai yang didapatkan dari sertifikasi CHSE sangat memuaskan itu memastikan aman bagi wisatawan.

“Kuotanya belum ada, baru untuk mal, restoran, hotel dan pelayanan publik lainnya,” ujarnya.

Jaminan aman tersebut, dikarenakan Daya Tarik Wisata Goa Kreo telah membuka kunjungan untuk wisatawan sejak diterapkannya PPKM level dua di Kota Semarang.

“Sejak level dua kami sudah buka, hanya saja masih 50 persen pembatasan pengunjung sesuai instruksi wali kota. Namun demikian, kapasitas Goa Kreo ini dalam waktu yang bersamaan itu sekitar tiga ribuan,” kata Mamit.

Ia menerangkan, perbandingan jumlah pengunjung yang berwisata dari sesudah dan semasa pandemi, dalam sehari pada akhir pekan saat pandemi, jumlah wisatawan hanya mencapai 200 orang.

“Paling tinggi kalau weekend 200 pengunjung. Penurunan pengunjung hampir 60 persen. Warung-warung ini hanya buka tiga dari 40 warung,” terangnya.

Untuk menambah daya tarik pengunjung, pihaknya masih mengandalkan gardu pandang yang telah tersedia. Menurutnya, gardu pandang tersebut masih digandrungi wisatawan saat berkunjung.

“Di sini belum ada penambahan wahana yang baru untuk menggaet wisatawan, hanya ada gardu pandang dan sudah bisa dinikmati,” tuturnya.(HS)

Share This

BPBD Kota Semarang: Belasan Rumah Warga Rusak Akibat Angin Kencang dan Pohon Tumbang

Kiswandi Resmi Jabat Ketua Pengcab Taekwondo Indonesia Kabupaten Batang