in

Kampanye Gerakan Minum Jamu Di Kendal Kurang Diminati Masyarakat

Kampanye Gerakan Minum Jamu di Kendal, Jumat (18/6/2021).

 

HALO KENDAL – Minuman herbal tradisional seperti jamu disebut memiliki khasiat menambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh. Maka untuk itu di tengah mewabahnya virus corona, kebiasaan minum jamu tradisional sangat dianjurkan untuk menambah imunitas.

Untuk itulah, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencanangkan Gerakan Minum Jamu, Jumat (18/6/2021).

Pada kesempatan secara virtual, Gubernur tak pernah lelah untuk mengedukasi masyarakat, agar menjaga diri dan keluarga dari penularan virus corona, dengan cara rajin mengkonsumsi buah dan multivitamin.

Sementara di Kendal, kampanye gerakan minum jamu dipusatkan di Griya Sehat, yang berada di Jalan Soekarno Hatta Kendal, Jumat (18/6/2021).

Namun kampanye gerakan ini kurang banyak peminatnya. Terlihat hanya beberapa Forkopimda dan beberapa pengunjung yang datang di acara tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kendal, Ferinanfo Rad Bonay mengatakan, gerakan minum jamu ini akan dibudayakan di masyarakat Kendal.

“Ya mulai hari ini kita budayakan gerakan minum jamu, yang tadi sudah dilaunching Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo. Apalagi dalam menghadapi Covid-19 yang meningkat di Jawa Tengah khususnya di Kendal,” ujarnya.

Menurut Ferinando, untuk mencegah tertularnya virus corona, selain menjaga protokol kesehatan, masyarakat dianjurkan mengkomsumsi jamu-jamuan.

Karena menurutnya dengan minum jamu, juga bisa meningkatkan sistem imunitas tubuh manusia. Sehingga bisa memperkuat daya tahan tubuh,” imbuhnya.

“Harapannya dengan imun kita yang baik, maka akan cepat merespon untuk melawan virus Covid-19 ini,” ungkap Ferinando didampingi Direktur RSDC, dr Budi Mulyono.

Untuk itulah Griya Sehat ini dibuat oleh Dinas Kesehatan Kendal sebagai upaya membantu pencegahan penularan virus corona di Kabupaten Kendal.

Dijelaskan, jamu pencegah penularan virus Corona sendiri terbuat dari berbagai bahan.

“Ada kencur, serai, jahe, kunyit dan empon-empon. Semua bahan ini mudah didapat dan kalau sudah jadi ya seperi yang kita minum tadi,” pungkas Ferinando.(HS)

Share This

Wonogiri Tercepat Nasional Pendataan SDGs Desa

Cek RSJ Amino, Ganjar Minta Tempat Tidur ICU untuk Covid-19 Ditambah