in

Kali Blorong Meluap, Empat Titik Tanggul di Candiroto Longsor

Salah satu lokasi tanggul Kali Blorong yang longsor di Kelurahan Candiroto.

 

HALO KENDAL – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Kendal menyebabkan beberapa sungai meluap. Tak sedikit, akibat luapan air sungai beberapa tanggul mengalami longsor.

Seperti tanggul Kali Blorong yang masuk wilayah Kelurahan Candiroto, Kecamatan Kendal, empat titik tanggul Kali Blorong di wilayah tersebut, kondisinya kritis dan mengancam permukiman warga.

Menurut Suis, salah seorang petani setempat, longsor sudah terjadi sejak seminggu yang lalu saat Kali Blorong meluap.

“Longsor susulan terus terjadi. Kami berharap kepada pemerintah agar segera menangani tanggul Kali Blorong yang longsor agar bisa mencegah terjadinya bencana banjir khususnya di Kelurahan Candiroto,” ungkapnya, Rabu (3/2/2021).

Sementara itu, Plt Lurah Candiroto, Dewi Ariyanti mengatakan, empat titik tanggul Kali Blorong yang mengalami longsor ada di tiga RT.

“Di RT 1 RW 1 tanggul longsor ada dua titik. Selain itu, longsor tanggul Kali Blorong juga terjadi di wilayah RT 18 RW 1 dan RT 9 RW 3,” terangnya.

Dikatakan, atas terjadinya bencana longsor tanggul kali tersebut, pihak Pemerintah Kelurahan Candiroto telah mengirimkan surat ke Pemerintah Kecamatan Kendal, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kendal dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kendal.

“Alhamdulillah, dari pihak Dinas PUPR Kendal langsung merespon surat kami dan telah melakukan survey lokasi longsor dan nantinya akan melaporkannya ke PSDA Jawa Tengah,” ungkap Dewi.

Dirinya berharap, kejadian tanggul longsor segera ditangani, pasalnya longsoran tanggul yang terus terjadi mengancam pemukiman warga dan dapat menyebabkan terjadinya banjir yang akan merendam pemukiman warga. Apalagi jika debit air sungai tinggi.

“Kondisi kedaruratan seperti ini saya harap segera ditindak lanjuti dengan dilakukan pembronjongan agar longsor tanggul kali tidak semakin meluas,” pungkasnya.(HS)

Share This

Dukung Gerakan Jateng di Rumah Saja, Ketua PPNI Jateng; Ini Upaya Bagus Tangani Sektor Hulu

Ganjar Gerakkan Jateng Di Rumah Saja, Sekda Kendal: Pasar Tradisional Tetap Buka, Meski..