in

Kalapas Semarang Pastikan Hak-Hak Narapidana Terpenuhi dan Tak Ada Pungli

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Semarang saat melayani narapidana dalam memperoleh hak-hak yang didapat saat menjalani masa tahanan. 

HALO SEMARANG – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas I Semarang, Supriyanto memastikan bahwa pelayanan terhadap hak-hak bagi narapidana yang ia bina bisa terpenuhi, dan selama menjalani pidananya di Lapas tidak dipungut biaya alias gratis.

Supriyanto juga memastikan bahwa pihaknya akan mempermudah pemberian hak-hak narapidana di antaranya berupa remisi, Pembebasan Persyarat (PB), Cuti Menjelang Bebas (CMB), Cuti Bersyarat (CB) serta Asimilasi di rumah sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Semua layanan di Lapas tanpa biaya alias gratis, tidak ada pungli ataupun perilaku penyimpangan yang lainnya. Dan pada prinsipnya para napi harus lulus dalam rangkaian penilaian pembinaan sehingga outputnya mereka punya life skill untuk bekal bebas nanti,” ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (24/2/2022).

Menurutnya, ini merupakan bagian dari komitmen dalam memberikan pelayanan yang baik dan sebuah tanggung jawab yang memang sepatutnya harus dilakukan.

“Ini merupakan komitmen kita bersama demi terciptanya transparansi pelayanan terhadap publik, khususnya kepada keluarga narapidana,” bebernya.

Di sisi lain, ia meminta kepada keluarga narapidana agar bisa segera mengajukan persyaratan untuk melengkapi berkas-berkas pembebasan yang dibutuhkan tanpa ada pungutan biaya.

“Akan tetapi narapidana juga harus menunjukan hasil pembinaan yang baik selama menjalani pidana di lapas. Patuh dan taat terhadap tata tertib di lapas dan wajib lapor di Balai Pemasyarakatan selaku pembimbing dan pengawas selama program bebas bersyarat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Supriyanto menekankan bahwa kepuasan publik merupakan tolak ukur Lapas Semarang dalam mewujudkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

“Lapas Semarang akan terus meningkatkan pelayanan terhadap publik dari yang terendah hingga lebih tinggi. Petugas Lapas akan melayani narapidana dan masyarakat dengan pelayanan terbaik, tulus, ikhlas dan humanis,” imbuhnya. (HS-06)

Tak Kuat Menanjak, Truk Terperosok Hingga Terguling Lalu Tabrak Truk Kontainer di Tanjakan Bergas 

Dinkes Blora Targetkan Tak Ada Lagi Kasus Baru Stunting pada 2024