Kalangan Pesantren di Kebumen Diharapkan Dukung Program Sibusah Dan Basuh

Rapat membahas program unggulan yang akan mulai dilaksanakan di Kabupaten Kebumen, dalam rangka menindaklanjuti dan mendukung program 100 Hari Bupati Terpilih, di Gedung F Kompleks Setda. (Foto : Kebumenkab.go.id)

 

HALO KEBUMEN – Pemkab Kebumen membutuhkan dukungan masyarakat, terutama dari kalangan pesantren, untuk melaksanakan program Sibusah dan Basuh.

Kedua program yang berbasis di pesantren tersebut, merupakan unggulan untuk mendukung pelaksanaan program 100 Hari Bupati Terpilih, yang akan segera dilaksanakan setelah pelantikan.

“Pemerintah Kabupaten tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkannya,” kata Sekretaris Daerah Ahmad Ujang Sugiono, dalam rapat bersama pejabat terkait, di Gedung F Kompleks Setda, seperti dirilis Kebumenkab.go.id.

Lebih lanjut dikatakan, Sibusah merupakan program untuk mewujudkan santri di Kebumen menjadi sehat dan berkah.

“Untuk program ini, nantinya di pesantren akan di selenggarakan Poskestren (Pos Kesehatan Pesantren) dan program lain untuk mendukung Pesantren Sehat,” tambah Ahmad Ujang.

Sedangkan Basuh, yaitu program Bapak Asuh di mana sasarannya adalah santri pondok pesantren dari keluarga kurang mampu, berupa bantuan beasiswa bagi santri dari keluarga kurang mampu.

“Beasiswa ini khusus bagi santri warga kabupaten kebumen yang mondok,” kata Ahmad Ujang.

Hadir dalam rapat tersebut, Plt Asisten 1 H Amin Rachman Nuroshid, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala DPPKAD, Kepala Dinas Dukcapil, Kepala Dinas Perkim LH, Kabag Kesra dan Kemenag Kebumen.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Budi Satrio menyampaikan ponpes merupakan salah satu bagian dari masyarakat Kabupaten Kebumen.

“Warga pesantren juga harus diperhatikan untuk masalah kesehatan karena santri merupakan calon pemimpin,” ujar Budi Satrio.

Budi Satrio juga mencermati kondisi yang kerap terjadi di begitu banyak ponpes di Indonesia, seperti adanya penyakit kulit yang menimpa para santri. Untuk itu menurutnya program Pos Kesehatan Pesantren merupakan program yang sangat baik.

Untuk Program Sibusah sementara akan dilaksanakan di empat pondok pesantren yaitu Ponpes Mamba’ul Hisan Kecamatan Mirit, Ponpes Al Kahfi Kecamatan Kebumen, Ponpes Nurul Falah Kecamatan Sruweng dan An Nahdiyah Kecamatan Ayah.

Sedang sebagai percontohan yaitu Ponpes Al Istiqomah Kecamatan Petanahan yang sudah menerapkan Program Pesantren Sehat dan Poskestren. (HS-08)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.