KAI Tingkatkan Kecepatan dan Kurangi Waktu Tempuh di Gapeka 2021

Salah satu KA jurusan Surabaya-Poncol Semarang melintas di jalur Kaligawe atau Alastua Semarang.

 

HALO SEMARANG – Pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2021 akan dimulai pada Rabu (10/2/2021). Sejumlah perubahan pun dilakukan oleh PT KAI (Persero) pada Gapeka 2021 ini, dibandingkan dengan pola operasi KA pada Gapeka 2019.

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan pelanggan pada Gapeka 2021 adalah efisiensi waktu perjalanan KA.

Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan, dengan adanya Gapeka 2021, terdapat efisiensi waktu perjalanan KA di lintas Daop 4 Semarang, yakni untuk KA Penumpang sebesar total 738 menit dan KA Barang sebesar total 193 menit.

- Advertisement -

“Dengan pemberlakuan Gapeka 2021 ini, maka waktu tempuh perjalanan KA penumpang dan barang menjadi lebih singkat,” katanya, Kamis (11/2/2021).

Selain itu, kata dia, pada Gapeka 2021 ini terdapat peningkatan kecepatan KA untuk jalur lintas utara dari Semarang Poncol sampai dengan Tegal. Yakni dari 100 km/jam menjadi 105 km/jam.

“Sedangkan untuk jalur tunggal dari Brumbung sampai dengan Tanggung juga ditingkatkan dari 60 km/jam menjadi 70 km/jam,” jelasnya.

Terkait dengan stasiun pemberhentian KA di wilayah PT KAI (Persero) Daop 4 Semarang, juga terdapat perubahan untuk beberapa KA.

Yakni KA Bangunkarta (Brawijaya) semula berhenti di Stasiun Pemalang kini menjadi berjalan langsung atau tidak berhenti, KA Kertajaya semula berhenti di Stasiun Semarang Tawang kini dirubah ke Stasiun Semarang Poncol.

“Lalu, KA Argo Anggrek Malam semula di Stasiun Pekalongan berjalan langsung kini menjadi berhenti, KA Sembrani semua di Stasiun Ngrombo berjalan langsung kini menjadi berhenti, dan KA Brantas dan Joglosemarkerto semula di Stasiun Gundih berjalan langsung kini menjadi berhenti. Kemudian, KA Maharani semula di Stasiun Kradenan berjalan langsung kini menjadi berhenti, KA Blora Jaya semula di Stasiun Wadu berjalan langsung kini menjadi berhenti,” imbuhnya.

“Sejumlah perubahan jadwal keberangkatan KA di Daop 4 pun juga dilakukan. Dengan perubahan jadwal keberangkatan dan stasiun pemberhentian ini, diharapkan dapat mengakomodir masyarakat yang ingin berpergian dengan kereta api,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.