KAI Gandeng Bluebird Beri Layanan Angkutan Lanjutan

Penandatanganan kerja sama antara KAI dengan Bluebird oleh Direktur Komersial KAI, Maqin U Norhadi dan Direktur Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono di Jakarta, Rabu (16/9/2020).

 

HALO BISNIS – PT KAI menggandeng  PT Bluebird Tbk untuk memberikan layanan Last Mile, atau transportasi lanjutan untuk pelanggan Kereta Api Jarak Jauh dan pelanggan Rail Express.

Layanan ini terintegrasi dalam pemesanan untuk penumpang dan layanan logistik melalui taksi Bluebird untuk wilayah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Semarang.

Manager Humas PT KAI Daops 4 Semarang, Krisbiyantoro menyatakan, sebagai tahap awal jangkauan dari kolaborasi di kedua layanan akan diimplementasikan di wilayah Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Sebelum layanan ini diimplementasikan ke seluruh kota dari layanan operasional KAI dan Bluebird.

Inovasi ini, lanjutnya, untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan KAI.

Integrasi layanan pada aplikasi KAI Access dan layanan Rail Express ini sebagai upaya KAI untuk membentuk suatu ekosistem transportasi secara menyeluruh.

“Pengembangan aplikasi dan layanan tersebut untuk mendukung bisnis KAI yang ke depannya fokus pada transformasi digital,” ujarnya di Semarang, Kamis (7/9/2020).

Kerja sama secara langsung diresmikan oleh Didiek Hartantyo, selaku Direktur Utama KAI bersama Noni Purnomo, selaku Direktur Utama dari PT Blue Bird Tbk di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (16/9/2020). Acara dihadiri oleh Direktur Niaga KAI Maqin U Norhadi, Direktur PT Blue Bird Tbk, Sigit Djokosoetono dan Chief Transformation Officer PT Blue Bird Tbk, Paul Soegianto.

“Kerja sama ini merupakan sinergi sangat baik antara BUMN dan perusahaan swasta Indonesia dalam menghadirkan jaringan antarmoda yang saling terintegrasi, guna turut serta memajukan industri transportasi di tanah air,” tutur Krisbiantoro.

Dengan integrasi layanan antara kedua belah pihak, menurutnya KAI menawarkan aksesibilitas ekstra bagi para pelanggan yang menggunakan aplikasi KAI Access.

“Pelanggan akan mendapatkan pilihan untuk memesan layanan taksi Bluebird pada aplikasi tersebut. Dengan demikian fitur ini memberikan kepastian dan kenyamanan lebih bagi penumpang untuk melakukan perjalanan hingga tujuan akhir,” katanya.

Krisbiyantoro menambahkan, multi-channel booking Bluebird di KAI Access mencakup wilayah Jakarta (Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen), Bandung (Stasiun Bandung), Semarang (Stasiun Semarang Tawang) dan Surabaya (Stasiun Surabaya Pasar Turi dan Stasiun Surabaya Gubeng).

“Untuk mendapatkan layanan multi-channel booking Bluebird di KAI Access, pelanggan dapat mengunduh versi terbaru dari aplikasi KAI Access. Ketika melakukan pemesanan, pelanggan dapat langsung memesan taksi Bluebird dari stasiun tujuan ke lokasi tujuan akhir di aplikasi KAI Access. Setelah perjalanan berakhir, pelanggan dapat melakukan pembayaran langsung kepada pengemudi sesuai argo yang terpampang di taksi,” paparnya.

Dengan peningkatan integrasi  antarmoda di stasiun, Krisbiyantoro berharap, minat masyarakat semakin meningkat untuk menggunakan transportasi umum dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.