Kadinkes Kota Semarang: Waspada Penyakit Saat Peralihan Musim

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Muhammad Abdul Hakam.

 

HALO SEMARANG – Dinas Kesehatan Kota Semarang mengimbau masyarakat untuk mewaspadai sejumlah ancaman penyakit saat peralihan musim kemarau ke musim hujan yang sedang terjadi saat ini.

Secara medis, perubahan cuaca dari panas tiba-tiba hujan, akan menyebabkan kelembapan udara. Kondisi tersebut berimbas langsung pada daya tahan tubuh seseorang.

“Ancaman penyakit yang perlu diwaspadai masyarakat yaitu deman berdarah, infeksi saluran pernafasan akut, termasuk leptospirosis dan influenza,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dr Muhammad Abdul Hakam.

Terpantau dalam dashboard Dinkes Kota Semarang, hingga akhir Oktober ini ada sejumlah 295 kasus DBD terdiri dari 166 penderita laki-laki, 129 penderita perempuan, dan 2 meninggal laki-laki, serta 2 meninggal perempuan.

Mewaspadai bertambahnya kasus demam berdarah di masyarakat, dia mengatakan, hal paling utama yang perlu dilakukan untuk pencagahan adalah dengan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk.

Dokter Hakam juga mengimbau masyarakat untuk memperhatikan kebersihan di rumah dan lingkungan sekitar, agar tidak ada tempat  genangan yang dijadikan sarang nyamuk berkembang biak.

“Mumpung libur panjang seperti ini, lebih baik diisi dengan kegiatan bersih-bersih rumah dan lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada tempat yang memungkinkan terjadi genangan saat hujan.

Jangan menumpuk barang-barang yang tidak lagi terpakai, dan jangan lupa dispenser bagian bawah itu biasanya ada sisa air yang nggak banyak orang sadari,” jelasnya.

“Untuk menghindari penyakit lainnya, tetap jaga pola hidup dan makan yang sehat. Jangan lupa sempatkan olahraga minimal 30 menit setiap hari, bila perlu konsumsi vitamin sesuai kebutuhan,” tutup dr Hakam.(HS)

Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.