Kader PKK Surakarta Bantu Tanggulangi Gangguan Penglihatan

Ketua Tim Penggerak PKK Surakarta, Selvi Ananda dalam acara penyuluhan kesehatan indera di kabupaten dan kota, yang diselenggarakan Balai Kesehatan Indera Masyarakat Provinsi Jawa Tengah via daring, Kamis (18/3). (Foto : Surakarta.go.id)

 

HALO SURAKARTA – Ketua Tim Penggerak PKK Surakarta, Selvi Ananda mengatakan PKK Surakarta telah berperan dalam Penanggulangan Gangguan Penglihatan. Peran PKK tersebut mulai dari preventif hingga rehabilitatif.

Hal itu disampaikan Selvi Ananda, yang juga istri Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, dalam penyuluhan kesehatan indera di kabupaten dan kota. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Balai Kesehatan Indera Masyarakat Provinsi Jawa Tengah via daring, Kamis (18/3).

Kegiatan bertema Sosialisasi Penanganan Kegawatdaruratan Mata, tersebut, diikuti pula oleh Tim Penggerak PKK Kota Surakarta.

Dalam kesempatan itu, seperti dirilis Surakarta.go.id, Selvi Ananda menyampaikan materi berjudul “Peran PKK dalam Penanggulangan Gangguan Penglihatan di Kabupaten/Kota”, yang berisi tentang upaya TP PKK Kota Surakarta berkontribusi dalam penanggulangan penglihatan.

Upaya ini dilakukan bersama 6.338 kader kesehatan di 618 posyandu se-Kota Surakarta, dan 150 kader kesehatan dari 54 Kelurahan. Di Surakarta juga sudah terdapat satu rumah sakit khusus mata.

Lebih lanjut disampaikan, kontribusi yang diberikan TP PKK Kota Surakarta, meliputi upaya preventif, dengan cara berperan serta menanggulangi gangguan penglihatan.

Selain itu juga kuratif, dengan cara memberikan pembinaan kepada masyarakat, untuk segera berobat, manakala muncul tanda-tanda masalah kesehatan mata

TP PKK Surakarta juga melakukan upaya promotif, yaitu dengan memberikan edukasi dan sosialisasi tentang informasi kesehatan mata. Adapun bagi para penderita, TP PKK mendukung upaya rehabilitative berupa program pengobatan dari pemerintah,  bekerja sama dengan dinas terkait. (HS-08)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.