in

Kabareskrim Cek Kesiapan Ribuan Anggota untuk Kawal Piala Dunia U-17

Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada, selaku Kaopspus Operasi Aman Bacuya 2023, memeriksa kesiapan personel dan alat material khusus, dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 Piala Dunia U-17 2023, di Lapangan Mapolda Jatim, Kamis (9/11/2023). (Foto : humas.polri.go.id)

 

HALO SEMARANG – Kabareskrim Polri, Komjen Pol Wahyu Widada, selaku Kepala Satgas Operasi Pusat (Kaopspus) Operasi Aman Bacuya 2023, memeriksa kesiapan personel dan alat material khusus (Almatsus) ribuan personel, yang dilibatkan dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Aman Bacuya 2023 Piala Dunia U-17 2023, di Lapangan Mapolda Jatim, Kamis (9/11/2023).

Pemeriksaan dilakukan mulai dari helikopter yang digunakan oleh personel Baharkam dan Ditpolairud Jatim, untuk melakukan evakuasi udara dalam keadaan paling mendesak.

Kemudian, kesiapan anggota marinir yang juga turut dikerahkan menjaga keamanan pelaksanaan pertandingan.

Lalu, kesiapan kendaraan patroli Unit Lalu Lintas untuk mengatur potensi kepadatan ruas jalan sekitar stadion, yang dilakukan oleh anggota Ditlantas Polda Jatim.

Tak ketinggalan kesiapan personel anggota ‘Romli Sableng’, julukan petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya, juga turut diinspeksi kesiapannya oleh Jenderal Polisi Bintang Tiga itu.

Saat tiba di barisan pasukan petugas pemadam kebakaran berseragam dinas luar berwarna biru tua dan bercelana hitam, sempat membuat kaget Komjen Pol Wahyu Widada.

Wahyu sempat bertanya-tanya kepada saat seorang komandan pasukan pemadam kebakaran mengenai istilah singkatan DPKP, yang kurang familiar.

Namun, setelah memperoleh penjelasan bahwa DPKP merupakan nama kedinasan unit khusus penanggulangan kedaruratan kebakaran dan operasi penyelamatan tingkat Kota Surabaya.

Tanggung Jawab Besar

Kaopspus Operasi Aman Bacuya 2023, Komjen l Polisi Wahyu Widada, seperti dirilis humas.polri.go.id, menyatakan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Indonesia memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga kelancaran event besar ini.

Ia juga berharap kegiatan ini bisa menjadi tonggak penting dalam menciptakan pemain-pemain sepak bola berkelas dunia.

“Ini adalah salah satu event olahraga yang menurut saya sangat penting, karena jangan dilihat U-17 anak-anak aja iya, tapi Lionel Messi itu juga dulu ikut kejuaraan dunia di U-17 ada beberapa pemain yang akhirnya menjadi kelas dunia yang luar biasa. Mudah-mudahan suatu hari dari kegiatan kejuaraan Piala Dunia U-17 di Indonesia ini bisa melahirkan pemain-pemain kelas dunia,” kata Wahyu, di Surabya, Jawa Timur, Kamis (9/11/2023).

Wahyu menyebutkan, pihaknya telah menggelar pasukan secara serentak di empat Kepolisian Daerah (Polda) yang terlibat, yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Tengah, dan Polda Jawa Timur. Praoperasi (Praops) dan tactical floor game (TFC) telah dilakukan sebagai persiapan awal dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran turnamen ini.

Polri juga berkolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat dan pemangku kepentingan seperti Linmas, pemadam kebakaran, dan Dishub.

“Semua ini dilakukan untuk memastikan suksesnya Piala Dunia U-17 dan menciptakan sebuah event olahraga yang berkesan di mata dunia internasional,” tegas Wahyu.

Piala Dunia U-17 Indonesia akan dibuka pada 10 November 2023 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, dengan Timnas Indonesia U-17 bermain di Grup A bersama dengan Ekuador, Maroko, dan Panama. (HS-08)

Bank Jateng Serahkan CSR Ambulans Desa ke Pemkab Demak

Spurs Sudah, Kini Target The Citizens