in

Kabar Gembira, Destinasi Wisata Karimunjawa Sudah Dibuka

Gerbang selamat datang di destinasi wisata Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Dok/tnkarimunjawa.id.

 

HALO SEMARANG – Destinasi wisata Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara mulai hari ini Rabu (1/9/2021) dibuka untuk wisatawan dengan sejumlah persyaratannya.

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Jepara, Nur Zuhruf menyampaikan, Kepulauan Karimunjawa siap menerima wisatawan dengan protokol kesehatan. Sebab sudah berulangkali melakukan simulasi pembukaan wisata.

“Yang dikelola Pemerintah Kabupaten Jepara sudah siap semua, termasuk Karimunjawa. Karena, uji coba Karimunjawa sudah dilakukan,” kata Nur, Selasa (31/8/2021).

Ia berujar, wisatawan boleh mengunjungi Kepulauan Karimunjawa dengan sejumlah persyaratan yang sudah ditentukan, satu di antaranya sudah pernah divaksin.

“Sudah dibuka untuk pengunjung. Syarat ke Karimunjawa harus menunjukkan keterangan negatif tes Rapid Antigen, kemudian juga vaksin,” ujar Nur.

Ia menyebut, selain syarat yang tidak dapat digantikan itu, juga terdapat pembatasan jumlah kapasitas wisatawan yang akan berkunjung ke kepulauan yang dijuluki Carabian van Java itu.

“Sementara ini, untuk kapal menuju ke sana juga dibatasi 25 persen dari jumlah kursi yang tersedia,” ucapnya.

Ia menuturkan, meskipun tren kasus Covid-19 sudah menunjukkan penurunan, namun pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat. Untuk memudahkan pemantauan, akses menuju ke Karimunjawa hanya melalui Pelabuhan Jepara.

“Untuk ke sana pemantauan hanya satu pintu sehingga lebih mudah. Kalau syaratnya kurang tetap tidak kami bolehkan masuk,” tegasnya.

Dengan dibukanya kembali destinasi wisata Kepulauan Karimunjawa, ia berharap akan berdampak terhadap pemulihan ekonomi masyarakat.

“Semoga kondisi kasus Covid-19 terus melandai. Jadi kita bisa menerima kunjungan wisatawan lebih banyak,” jelasnya.

Terpisah, Kasi Pengembangan Kawasan Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah (Jateng), Hendrawan Purwanto mengatakan, sejumlah destinasi pariwisata di Jateng telah melakukan uji coba sebelum saat ini diizinkan dibuka terbatas.

“Kita sudah ada SOP simulasi sebelum dibuka, simulasi itu sebagai sarana latihan. Memang levelnya sudah turun ke level dua, namun tetap prinsip kehati-hatian,” kata Hendrawan kepada halosemarang.id, Rabu (1/9/2021).

Ia menambahkan, pembukaan kawasan destinasi wisata mengacu pada keputusan Instruksi Mendagri yang menyebutkan pembatasan maksimal 25 persen dari jumlah kapasitas.

Namun demikian, pengelola destinasi pariwisata telah mampu membuka dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Kawasan pariwisata di kabupaten/kota yang berada di level dua. Kalau level tiga itu sebenarnya belum, namun dilakukan uji coba dulu kalau saatnya dibuka sudah siap,” tegasnya.(HS)

 

Share This

Masuk Jateng, Ribuan Pengendara Diperiksa Pada Penyekatan Akhir Pekan

Tak Harus ke Kantor, Dafam Kini Kelola Hotel Menggunakan Cloud