Kabar Baik, PT Pertani Akan Beli Gabah Petani Rp 4.300/Kg

Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriardi saat meninjau Gudang Unit Penggilingan Padi (UPP) Kaliwungu, Selasa (6/4/2021).

 

HALO KENDAL – Pemerintah melalui BUMN PT Pertani menetapkan harga gabah dari petani sebesar Rp 4.300 per kilogram. Harga tersebut di atas harga pembelian pokok (HPP) yang sebesar Rp 4.200 per kilogram.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Ketahanan Pangan, Agung Hendriardi saat meninjau Gudang Unit Penggilingan Padi (UPP) Kaliwungu, Selasa (6/4/2021).

“Kami memastikan PT Pertani membeli gabah dari petani sebesar Rp 4.300 per kilogram,” tandasnya.

Agung juga memastikan stok beras tahun ini melimpah dan cukup hingga akhir tahun. Dikatakan, stok beras hingga akhir Mei sudah surplus 12,5 juta ton.

Padahal saat ini masih banyak tanaman padi belum dipanen. Dengan melimpahnya produksi padi tahun ini, maka harga beras pada Lebaran nanti dijamin tetap stabil.

“Kebutuhan beras nasional per bulan rata-rata 2,5 ton, maka surplus 12,5 juta ton ini cukup untuk lima bulan, padahal panen dalam setahun rata-rata bisa dua kali,” katanya.

Direktur Utama PT Pertani, Maryono mengatakan, pihaknya membeli gabah petani sebesar Rp 4.300 per kilogram.

“Tujuannya agar petani sejahtera. PT Pertani rata-rata per tahun menyerap gabah petani sebesar 60 ribu ton beras,” jelasnya.

Namun, lanjut Muryono, di tahun 2021 ini ditarget pemerintah untuk bisa menyerap gabah petani sebesar 300 ribu ton.

“Khusus di Jawa Tengah hingga saat ini, PT Pertani telah membeli gabah petani sebesar 3.000 ton dan kami masih terus membeli gabah petani dengan harga Rp 4.300 per kilogram,” pungkasnya.(HS)

bawah-berita-dprd-semarang
Pembaca lain, menyukai ini

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.