in

Kabar Baik, Liga 1 Kemungkinan Bisa Digelar Dengan Penonton

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. (Foto: Gonang Susatio)

 

HALO SPORT – Kabar baik bagi sepak bola nasional yang bakal menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2. Ada harapan pertandingan di liga bisa disaksikan secara langsung. Namun ini masih menjadi kajian sebelum PSSI melalui PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengajukan permohonan liga bisa digelar dengan penonton.

Turnamen Piala Menpora 2021 digelar tanpa penonton. Ini menjadi prosedur kesehatan (prokes) yang harus diterapkan karena pandemi Covid-19 memang belum berakhir. Sementara, pertandingan sepak bola tidak lepas dari kerumunan. Ini yang menjadikan penjagaan jarak dan pertandingan di turnamen pramusim ini digelar tanpa penonton.

Sejak laga pembuka di Stadion Manahan, Solo, sampai laga final kedua yang juga digelar di tempat sama, penonton atau suporter dilarang ke stadion. Kepatuhan suporter untuk tidak datang ke stadion pun mendapat apresiasi dari Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

“Laga di turnamen hampir 100 persen berjalan lancar. Panitia pelaksana menjalankannya berdasarkan standar operasional prosedur (SOP) dan suporter tidak datang ke stadion. Mereka tidak melanggar prokes,” kata Iriawan di Sleman, Kamis (22/4/2021).

“Saya memberi apresiasi kepada suporter. Bahkan PS Sleman saat bermain di kandang sendiri di Maguwoharjo, tidak ada suporter mereka yang datang. Padahal, suporter PSS termasuk fanatik,” ucap dia.

Dengan penyelenggaraan turnamen tanpa penonton yang berjalan lancar, PSSI tengah mempertimbangkan bila liga kemungkinan digelar dengan penonton. Namun mereka yang bisa menonton secara langsung di stadion tetap dibatasi jumlahnya.

“Ini menjadi wacana apakah kompetisi bila digelar pada Juli mendatang akan digelar dengan penonton. Ini masih dikaji. Dalam kajian ini juga melibatkan akademisi,” tutur Ketum PSSI.

“Yang pasti pilihan pertama adalah pertandingan di liga digelar tanpa penonton. Bila ada penonton, seberapa besar risiko yang muncul. Begitu pula berapa prosentase yang bisa masuk stadion. Jumlah prosentase yang bisa masuk Stadion Maguwoharjo tentu berbeda dengan GBK,” kata Iwan Bulu, sapaannya, lebih lanjut.

Menurut Ketum PSSI ini masih menjadi kajian sebelum ditetapkan. Meski demikian sudah ada wacana di masyarakat agar liga bisa disaksikan suporter.

Turnamen Piala Menpora 2021 telah memasuki babak akhir. Persija Jakarta dan Persib Bandung berlaga di final. Duel el Clasico yang pertama ini digelar di Stadion Maguwoharjo, Kamis, dan laga kedua dilaksanakan di Stadion Manahan, Minggu (25/4/2021).

Perebutan tempat ketiga mempertemukan PSS melawan PSM Makassar. Laga digelar hanya sekali di Manahan, Sabtu (24/4/2021).(HS)

Share This

Dimulai dari Desa Miskin, Mendes PDTT Siap Bantu Pembangunan Blora

Perluas Layanan Digital, Bank Jateng Launching E-KIR di Kabupaten Wonogiri