in

Jumlah Rumah Ibadah di Pati Tumbuh Pesat Dalam Lima Tahun

Bupati Pati Haryanto bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), belum lama ini menghadiri peresmian Masjid Al Munar As Saridah di Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati. (Foto : Patikab.go.id)

 

HALO PATI – Bupati Pati Haryanto menyebut dalam beberapa tahun terakhir, pembangunan rumah ibadah, khususnya masjid dan musala di Kabupaten Pati, berkembang sangat pesat. Hal ini merupakan salah satu indikasi, adanya peningkatan ketaatan masyarakat dalam kehidupan beragama.

Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto, ketika bersama Wakil Bupati Pati Saiful Arifin (Safin), menghadiri peresmian Masjid Al Munar As Saridah, di Desa Tambaharjo Kecamatan Pati, baru-baru ini.

Dia mengatakan pada awal menjabat, jumlah tempat ibadah di Kabupaten Pati sekitar mendekati 5.000. Adapun untuk saat ini, jumlahnya meningkat menjadi sekitar 7.000.

Tempat ibadah tersebut, meliputi masjid, musala, gereja, dan rumah-rumah ibadah agama lain.

“Kenapa saya tahu ada 7 ribu rumah ibadah, karena kami setiap tahun memberikan tali asih kepada seluruh takmir masjid, musala dan tempat-tempat ibadah lainnya di Kabupaten Pati. Dulunya pada saat saya menjabat di awal periode (2017), baru ada 4 ribuan lebih, mendekati 5 ribuan. Ini adalah bukti bahwa masyarakat taat dalam kehidupan beragama, sehingga setiap tahun, tiap hari, tiap bulan, berdiri tempat ibadah,” kata dia, seperti dirilis Patikab.go.id.

Haryanto juga mengapresiasi pembangunan Masjid Al Munar As Saridah, yang berada di tengah pemukiman warga. Sebab meskipun bangunannya disesuaikan dengan kondisi tanah, namun secara keseluruhan masjidnya tampak megah.

Dia juga menuturkan, berdasarkan cerita warga, bahwa bangunan ini semula adalah rumah yang tidak terawat dan menimbulkan kesan angker.

“Tapi kini menjadi sebuah masjid yang megah dan tentunya dapat bermanfaat bukan hanya untuk keluarga, tapi juga bagi masyarakat,” imbuhnya.

Bupati berharap rumah ibadah ini dapat dimanfaatkan dan dimakmurkan dengan cara menggelar agenda-agenda keagamaan, melalui TPQ pengajian-pengajian serta kegiatan keagamaan lainya.

“Semoga niatan yang tulus dan ikhlas ini, diterima oleh Allah SWT”, harapnya.

Peresmian Masjid Al Munar As Saridah pun kemudian ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga melati oleh Wakil Bupati Pati Saiful Arifin. Sedangkan penandatanganan prasati dilakukan oleh Bupati Pati Haryanto. (HS-08)

BPNT Bulan April 2022 di Blora Mulai Disalurkan Secara Nontunai

Sosialisasi Hari Kesiapsiagaan Bencana 2022, BPBD Blora Ajak Warga Bunyikan Kentongan pada 26 April