in

Juliyatmono Minta Dana Dari Provinsi Ke Daerah Tidak Di-refocusing

Musrenbang dan Konsultasi publik Propinsi Jawa Tengah dan Pencanangan Awal RKPD melalui video conference. (Foto : Karanganyarkab.go.id)

 

HALO KARANGANYAR – Bupati Karanganyar Juliyatmono, meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, untuk tidak me-refocusing dana dari Provinsi Jateng untuk daerah. Sementara Gubernur mengatakan akan menghitung ulang dan mempertimbangkan usulan tersebut.

Usulan Juliyatmono itu dia sampaikan dalam Musrenbang dan Konsultasi publik Propinsi Jawa Tengah dan Pencanangan Awal RKPD melalui video conference, Rabu (10/02).

Menurut Juliyatmono, dana itu sudah mulai dialokasikan dan dikerjakan programnya. Jika tetap dilakukan refocusing, justru memperlambat proses pembangunan. Selain itu pendekatan penanganan kasus Covid-19 sudah dilakukan hingga ke tingkat RT dan RW, dalam program PPKM Skala Mikro.

“Jika angka kemiskinan akibat pandemi ini besar, kami minta diberi anggaran untuk target penurunan kemiskinan. Bukankah angka kemiskinan Jawa Tengah ini, berasal dari Kabupaten dan Kota di Jawa Tengah. Jika kami diberi dana, maka kami akan melakukan ekskusi untuk penurunan angka kemiskinan,” kata Juliyatmono, seperti dirilis Karanganyarkab.go.id.

Menurut Bupati, refocusing dana dari Provinsi Jateng, akan menjadi beban berat bagi daerah atau kabupaten. Sebab beban anggaran Kabupaten sudah sangat berat.

“Pager mangkok justru lebih efisien dan bisa menggerakkan sektor yang lain. Sektor yang lain tentu tidak akan terganggu dan bisa bergerak,” tambahnya.

Lebih jauh, Bupati mengatakan dengan lockdown di desa, wilayah tersebut akan berupaya membentengi diri masing-masing. Artinya desa berupaya untuk tidak terkena Covid 19.

Menjawab pertanyaan dari Bupati Karanganyar, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengakui ide bagus dari Karanganyar. Mungkin bisa dilakukan itung-itungan untuk prioritas anggaran. prinsipnya kami tidak keberatan. (HS-08)

Share This

Pimpinan Dan Pengganti Antar Waktu Anggota DPRD Kabupaten Pekalongan Dilantik

Pasar Hewan Jelok Beroperasi, Pedagang Pindah