in

Jonathan Cantillana Jadi Pahlawan Kemenangan PSIS Atas PSS

Laga PSIS vs PSS pada lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (16/12/2022).

HALO SEMARANG – Pemain asing PSIS, Jonathan Cantillana jadi pahlawan kemenangan timnya saat menghadapi PSS pada lanjutan BRI Liga 1 di Stadion Manahan, Solo, Jumat (16/12/2022).

Gol satu-satunya pemain asal Palestina tersebut yang tercipta pada menit 31′, membawa PSIS sukses menundukkan PSS dengan skor 1-0.

Hasil ini membawa PSIS mulai merangkak naik di klasemen sementara, dengan menduduki peringkat sembilan, hasil 14 kali laga, enam kali menang, dua kali seri, dan enam kali kalah. Sementara atas kekalahan ini, PSS harus melorot ke zona degradasi, dengan menempati posisi 16 klasemen sementara BRI Liga 1 2022.

Dari jalannya laga, umpan-umpan pendek dan cepat PSIS sering kali merepotkan barisan belakang PSS Sleman.

Beberapa kali PSIS melakukan serangan dengan umpan pendek dan kerap membahayakan lini pertahanan PSS. Namun penampilan gemilang kiper PSS, M Ridwan mampu menggagalkan peluang-peluang tersebut.

Striker PSIS, Carlos Fortes yang ditempatkan sebagai penyerang tunggal cukup baik mengemban tugasnya, memantulkan bola kepada pemain yang datang dari belakang, seperti Riyan Ardiansyah hingga Fredyan Wahyu. Hal ini dibuktikan dengan satu gol PSIS yang dilesakkan Jonathan Cantillana pada menit 31. Gol tersebut diciptakan Jonathan Cantillana usai kerja sama dengan beberapa pemain, termasuk Carlos Fortes dan Wawan Ferbriyanto.

Sementara peluang dari PSS kerap kali tercipta dari umpan panjang yang ditujukan pada Hokky Caraka. Beberapa kali Hokky Caraka mendapatkan umpan tersebut namun bek PSIS, Alie Sesay dan Wahyu Prasetyo mampu menutup pergerakan pemain muda tersebut.

Meski saling serang, laga di babak pertama ini berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan PSIS.

Pada babak kedua, PSS Sleman mulai tampil agresif untuk menyamakan keadaan. Menit 50, PSS sempat mendapat peluang dari skema bola mati Ze Valente, tetapi bola sedikit tinggi ke atas mistar gawang.

Jual-beli serangan terjadi saat memasuki menit 55, termasuk saling potong umpan bola lawan di tengah lapangan. Pada menit 70, kiper PSS, Wahyu Tri berkali-kali menyelamatkan gawang dari serbuan pemain depan PSIS.

Hingga menit 80, PSS terus melancarkan serangan yang berbahaya ke lini pertahanan PSIS. Tetapi masalah mereka terletak pada penyelesaian akhir yang masih lemah.

Jelang akhir laga, gelandang PSIS Oktafinaus Fernando mendapat kartu kuning kedua sehingga harus diusir wasit. Skor 1-0 untuk keunggulan PSIS pun bertahan hingga menit terakhir babak kedua.(HS)

 

 

 

Buka Konferwil Jateng, Ganjar Ajak IPNU-IPPNU Siapkan Pemimpin Masa Depan

Persiapan Nataru, Ruas Tol Semarang-Batang Dilengkapi 80 CCTV